Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Dasar

Kumpulan Soal Latihan Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Kumpulan Soal Latihan Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Download Kumpulan Soal Latihan Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 – program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

Seperti dilansir dari Petunjuk Teknis PPG yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bahwa pendaftaran PPG Dalam Jabatan dibuka hingga 25 Februari 2022. Sementara, pendaftaran PPG dan pengiriman berkas dilakukan pada tanggal 7 sampai 23 Februari 2022.

PPG adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. PPG meningkatkan ketrampilan dan kompetensi guru dalam mengajar.

PPG Dalam Jabatan diperuntukkan bagi guru dalam jabatan yang sudah mengajar dan memiliki gelar S1/D4. Serta telah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Status guru yang mengikuti PPG Dalam Jabatan ini bisa berupa PNS atau non PNS. Beban belajar program PPG Dalam Jabatan paling minim adalah 24 SKS.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, tentunya seluruh peserta yang sudah terdaftar harus mempersiapkan segala sesuatunya, agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan sukses dan sesuai dengan harapan semua, dan salah satunya adalah menyiapkan diri untuk menghadapi pretest pada tahap awal PPG.

Untuk hal itu, disini sengaja berbagi Soal PPG Dalam Jabatan 2022 yang tentunya merupakansoal yang dibuat berdasarkan kisi-kisi yang ada dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Walaupun soal-soal latihan ini merupakan kumpulan soal dari tahun sebelumnya, kiranya dapat membantu bapak dan ibu guru yang akan melaksanakan PPG Dalam Jabatan untuk mempelajari soal-soal tersebut sebagai persiapan Pretes PPG Dalam Jabatan tahun 2022 ini.

Kumpulan Soal Latihan Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Seperti diketahui, bahwa materi pretest sesungguhnya merupakan materi yang sesuai dengan bidang guru, yaitu materi tentang Profesional dan Pedagogik, yang pada masing-masing soal tentunya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda anatara soal yang satu dengan yang lainnya, untuk itu bapak dan ibu guru peserta PPG harus lebih semangat lagi dalam mengikuti pelaksnaan pretest nantinya.

Program kegiatan PPG pada dasarnya terbagi atas dua jenis kegiatan, yaitu:

1. PPG Prajabatan
Program ini merupakan PPG dimana sasaran kegiatannya adalah fresh Graduate yang baru menyelesaikan studi S1 bidang keguruan sebagai syarat untuk dapat menjadi seorang pengajar di sebuat Institusi Pendidikan.

2. PPG Dalam Jabatan
Program PPG Dalam Jabatan merupakan Program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan guru yang profesional dan memiliki kompetensi unggul, yang saat ini telah bekerja sebagai Guru di Sekolah/madrasah Negeri/Swasta dengan status PNS atau Non PNS dengan berbagai ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk mendapatkan soal-soal Latihan Pretest PPG sebagai referensi dan latihan bagi peserta PPG Dalam jabatan, silakan bisa di unduh melalui link di bawah ini.

  1. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Pedagogik 1
  2. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Pedagogik 2
  3. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Pedagogik 3
  4. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Pedagodik 4
  5. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Kepribadian
  6. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Profesional
  7. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Potensi Akademik
  8. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Kompetensi Model pembelajaran
  9. Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Peraturan Pendidikan

Demikian, semoga bermanfaat.

Mungkin materi berikut ini juga Anda butuhkan, silahkan download materi lain terkait latihan soal pretest PPG daljab Tahun 2022 :

Itulah beberapa contoh latihan kumpulan soal pretest ppg yang bisa Anda pergunakan untuk mempersiapkan pretest PPG Semoga bermanfaat.