Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Jurusan Kimia FMIPA Unimed Gelar Pelatihan “Workshop on Small Scale of Chemistry Experiments”

Jurusan Kimia FMIPA Unimed Gelar Pelatihan “Workshop on Small Scale of Chemistry Experiments”

Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan beserta Ikatan Kimia Thailand kerjasama dengan Bank Bangkok buat pelatihan “Workshop on Small Scale of Chemistry Experiments” untuk Dosen, Guru dan Mahasiswa Jurusan Kimia yang diadakan di Lantai III Gedung Prof. Syawal Gultom, M.Pd. FMIPA Unimed yang dilaksanakan pada 19-20 September 2022.

Pada Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV Unimed Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., dan dihadiri oleh Prof. Supawan Tantayanon, Ph.D., Direktur BBL-CST Training Program, Bank Bangkok diwakili oleh PT. Bank Permata Tbk. yakni Mr. Agus Salim juga dihadiri Ketua Himpunan Kimia Indonesia (HKI) oleh Prof. Dr. Harry Agusnar dan Basir Hasibuan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Sumut beserta ratusan peserta Guru Kimia se Sumatera Utara, Dosen dan Mahasiswa baik dari dalam kota maupun luar kota.

Prof. Manihar Situmorang menyampaikan sambutan pada pembukaan acara, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan mengucapkan Selamat datang kepada para trainer dan partisipan yang hadir pada kegiatan wokshop ini, semoga workshop ini dapat memeberikan banyak manfaat dalam hidup kita khususnya pada lingkungan kita nantinya. Wokshop ini sangat relevan kepada kita pada saat ini, karena banyak sekali manfaatnya dalam melakukan kimia skala kecil ini yang dimana pada umumnya kita melakukan micro scale kimia yang kita melakukannya secara rutin di laboratorium. Rasanya 1 gram bahan kimia sampai larutan 20 mil sangat banyak pengaruhnya terhadap lingkungan dan juga kesehatan kita”.

“Dr. Eng. Jubaidah, S.Pd., M.Si. menyampaikan Kegiatan ini juga diadakan tanda tangan MoU antara Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan The Chemestry Society of Thailand
Workshop Praktikum Kimia Sekala Kecil berbasis ramah lingkungan,
“diharapkan kepada peserta workshop bisa mengimplementasikan ke siswa dan bisa dikompetisikan untuk 10 orang pemenang akan dikirim ke Thailand mengikuti lomba tingkat internasional”,ujarnya.