Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Ingin Hidup Tenang ?

Ingin Hidup Tenang ?

Oleh : Anggraini Jamilatun, S.Pd.I (Waka Ur ISMUBA)

Kehidupan di dunia ini begitu ramai. Kadang orang-orang bercanda tawa, bersendagurau tak jarang pula ada orang-orang yang beradu mulut, bertengkar bahkan berteriak-teriak. Belum lagi masalah demi masalah yang terus datang silih berganti, bak berputaran dunia kita seperti penumpang komedi putar yang kadang ada di atas kadang ada di tengah bahkan di bawah. Wajar saja jika manusia ingin hidup tenang atau mendambakan ketenangan .

Kadang-kadang manusia bingung mencari ketenangan. Ke hutanlah naik gunung. Ke pantailah jalan-jalan. Namun, tak juga mendapatkan ketenangan yang dimaksud. Mungkin saja, tapi hanya sesaat. Lalu selanjutnya kita akan menghadapi lagi ramainya dunia, apalagi dengan adanya media sosial saat ini yang sangat berpengaruh bagi kehidupan kita. Ketika sedang asyik di gunung atau di pantai eh buka hp, kemudian melihat ramainya dunia jadi nggak tenang lagi.

Dalam segala dinamika hidup, kita selalu butuh Dzat yang Maha Kekal, Maha Penguasa alam dan seluruh alam semesta yaitu Allah Swt. Bahkan seluruh hidup dan diri kita hanyalah milik Allah Swt. Maka mudah bagi Allah untuk menjadikan kita tenang ataupun sebaliknya. Jika kita menyandarkan kebahagiaan kita pada manusia yang lainnya, ataupun pada harta maka hidup kita tidak akan tenang karna manusia tidak ada yang sempurna sedangkan kebutuhan manusia akan harta tidak akan ada puasnya. Diatas langit masih ada langit, dibawah tanah masih ada tanah.

Ingin Hidup Tenang

Maka jika kita ingin hidup tenang, ingatlah Allah Swt. Karna hanya dengan mengingat Allah hati kita menjadi tenang

Allah Swt berfirman:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang” (QS. Al Ra’du [13]: 28)

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengingat Allah. Bisa dengan membaca Al-Qur’an, berdzikir, sholat, melakukan amalan-amalan sholih lainnya, berkumpul dengan orang-orang sholih, dan bahkan dengan melihat ciptaan Allah Swt. Ya, melihat seluruh alam semesta dengan keimanan juga bisa membuat kita selalu mengingat Allah Swt. Bahwa segala ciptaan Allah Swt di dunia ini yang begitu indah begitu luar biasa adalah atas kehendak-Nya maka dengan begitu kita akan semakin bersyukur, semakin takjub dengan ciptaan Allah Swt dan tentunya senantiasa mengingat Allah Swt.