Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

PPDB MTSN 1 KOTA CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Salah satu misi Kementerian Agama adalah” meningkatkan akses dan kulaitas pendidikan umum dan pendidikan keagamaan”.  Madrasah adalah salah satu jenis pendidikan umum yang mempunyai kekhasan agama Islam dalam binaan Menteri Agam. Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru merupakan layanan pendidikan guna memenuhi hak-hak dasar warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bermutudan berkeadilandengan menerapkan asas  objektif, akuntable, transparan dan tanpa diskriminati sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan yang bermutu. Dalam rangka terus membantu  peninkgatan akses dan mutu serta relevansi pendidikan, pada tahun pelajaran 2021/2022 Kementerian Agama  berkomintmen memberikan kesempatan kepada anak-anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan yang bermutu di madrasah.

Seiring dengan tekad kementerian agama tersebut, MTsN 1 Kota Cimahi yang telah berdiri sejak tahun 1967 dengan segala kekhasan yang dimilikinya kembali membuka pendaftaran peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2021/2022. dengan melaksanakan seleksi calon peserta didik kelas VII untuk  11 rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang tiap rombelnya melalui aplikasi PPDB secara online. Hal ini dimaksudkan agar proses PPDB berlangsung secara objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif dan kompetitif serta dapat dilakukan oleh pendaftar dengan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu selama masa PPDB berlangsung. Penggunaan aplikasi PPDB online juga merupakan salah satu upaya dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Adapun tatacara pendaftaran sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor 7292 tahun 2020 tentang Petunjuk teknis Penerimaan Peserta Didik Baru pada RA, MI, MTs, dan MA tahun pelajaran 2021/2022, seleksi calon peserta didik baru kelas 7 mempertimbangkan dengan urutasn prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar yaitu Usia, hasil seleksi, prestasi akademik, dan prestasi non akademik.

Selanjutnya, proses seleksi PPDB MTsN 1 Kota Cimahi akan dilaksanakan dengan beberapa tahapan dengan waktu yang sudah ditentukan yaitu :

  1. Seleksi Administrasi berupa kelengkapan dokumen calon siswa
  2. Seleksi Kompetensi dasar mata pelajaran PAI, Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika
  3. Seleksi Kemampuan membaca dan menulis Al-Quran (BTQ)

Semoga segala ketentuan proses Penerimaan Peserta Didik Baru dapat diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh calon peserta didik baru .

HORMAT KAMI

PANITIA PPDB ONLINE MTsN 1 KOTA CIMAHI

TAHUN PELAJARAN 2021/2022