Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Unisba Buka PMB T.A. 2023/2024

Unisba Buka PMB T.A. 2023/2024

KOMHUMAS-Unisba membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) Tahun Akademik 2023-2024 Gelombang I jenjang S1, S2, dan S3 yang di launching secara hybrid di Audiotorium Gedung Dekanat Unisba dan virtual melalui Zoom Meeting, serta live di Youtube Universitas Islam Bandung, pada Senin (09/01/2023).

Acara yang diikuti guru BK dan siswa/i kelas XII se Jawa Barat ini juga diisi oleh Talkshow PMB Unisba dengan narasumber Wakil Rektor I Unisba, Mahasiswa Berpretstasi dan Alumni.

Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., mengatakan, kuota penerimaan mahasiswa baru di tahun akademik ini akan ditambah dan dilonggarkan sarana prasarana dan peralatannya yang menunjang pembelajaran sehingga peluang  calon mahasiswa  yang berminat kuliah di Unisba semakin besar.

Sepuluh fakultas yang bervariasi dari sudut ilmu kata Rektor,  disediakan Unisba sebagai kebutuhan di masyarakat mengenai keahlian dan kepakaran tertentu. Disamping itu, Unisba tidak menunggu seleksi PTN dan sudah membuka kesempatan dari saat ini sehingga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat.

Rektor mengungkapkan, Unisba juga menyediakan berbagai sumber beasiswa yang bisa diakses oleh mahasiswa baru.

Rektor menjelaskan, Unisba memiliki nali plus dan kekhususan yang tidak diperoleh di perguruan tingg lain yaitu pengembangan nalar, minat dan bakat. “Khusus untuk kehidupan kemahasiswaan, kami mendorong mahasiswa untuk mengembangkan dalam hal nalar, minat dan bakat, serta akan difasilitasi,” ungkapnya.

Menurutnya, para mahasiswa tidak hanya diberikan pembelajaran agama saja, tapi juga pengembangan nalar, minat dan bakat yang akan didorong seluas-luasnya sehingga kreatifitas mahasiswa dan kualitas akademik tetap terjaga. “Jika mahasiswa memiliki kemampuan nalar, minat dan bakat, kami akan memberikan apresiasi dengan skema yang sudah ditentukan,” terangnya.

Dikatakannya, Unisba pun menawarkan skema yang terjangkau bagi masyarakat sesuai dengan kualitas yang Unggul serta program studi dan sarana prasarana yang strategis.

Rektor mengungkapkan,  Unisba tidak inklusif dan tidak menutup diri bagi calon mahasiswa baru. “Semua warga negara berhak akan diterima di Unisba sepanjang memenuhi persyaratan dan dengan kaidah yang ditentuka oleh Unisba,” katanya

“Unisba menganut ke-Unisbaan. Unisba toleran terhadap perbedaan. Unisba dalam bingkai ke-Indonesia-an dan dengan tetap menjunjung tingi nilai-nilai agama Islam,” jelasnya.

Wakil Rektor I Unisba, Prof. Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D., IPM., mengatakan, Unisba menerima mahasiswa baru  dengan konsep equlity dan accessibility.

Menurut Ketua PMB Unisba ini, Unisba terbuka menerima mahasiswa dari kalangan, ras dan agama mana pun. “Artinya terbuka bahkan menerima disabilitas,” ujarnya.

Warek I menjelaskan, proses pembelajaran di Unisba setelah pandemi Covid-19 menganut dua model pembelajaran yakni secara blendid dan hybrid.

Blendid  memanfaatkan fasilitas yang membuka akses seluas-luasnya, berbasis pada sistem informasi. “Jadi mahasiswa bisa masuk kelas offline dan online. Kita menggunakan       sistem e-kuliah yang sudah teruji keandalannya dan sudah dilaksankan selama bertahun-tahun di Unisba,” terangnya.            

Ia melanjutkan, hybrid memberikan fasilitas kelas multimedia sehingga memungkinkan mahasiswa berkuliah diluar kampus dan sebagiannya di dalam kelas. Sedangkan untuk mata kuliah atau kompoetensi yang menuntut kepada keterampilan, mahasiswa wajib hadir di kelas dan langsung melakukan praktek perkuliahan.

Adapun program studi yang ditawarkan pada PMB kali ini antara lain Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Komunikasi Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, PG-PAUD, Ilmu Hukum, Psikologi, Matematikan, Statistika, Farmasi, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Perencanaan Wilayah & Kota, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan Kedokteran Tahap Akademik.

Disamping itu, Program Pascasarjana terdiri dari S2 (Magister Kenotariatan, Magister Ilmu Hukum, Magister Ekonomi Syariah, Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Akuntansi dan Magister Perencanaan Wilayah & Kota) dan S3 (Ilmu Hukum dan Ilmu Komunikasi). Sedangkan profesi insinyur dan apoteker sudah dibuka sejak 19 Desember 2022 s.d. 26 Januari 2023.

PMB Unisba Gelombang I jenjang S1 akan dibuka dalam dua jalur yaitu PMDK melalui jalur seleksi nilai rapot yang dibuka hingga 17 Februari 2023 dan USM melalui jalur seleksi tes tulis yang dibuka hingga 16 Maret 2023. Sedangkan jenjang S2 dan S3 hanya melalui jalur tes tertulis saja.

PMB kali ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu yaitu dilaksanakan full online dengan mengakses laman www.unisba.ac.id dan memilih menu admission.

Beberapa program studi seperti Manajemen, Farmasi, Psikologi,  Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota serta Kedokteran mewajibakan calon mahasiswa untuk mengikuti psikotes dan MMPI/psikometri (khusus kedokteran), sesuai permintan program studi tersebut untuk mengelola calon mahasiswa menjadi lebih baik dalam memberikan layanan akademik.***