Selasa, 31 Januari 2023
Sekolah Menengah Atas

Kegiatan Studi Tiru SMAN 1 Situbondo di SMAN 1 Mojosari Hasilkan 6 Poin Penting

Kegiatan Studi Tiru SMAN 1 Situbondo di SMAN 1 Mojosari Hasilkan 6 Poin Penting

Kamis (12/1) rombongan Sivitas Akademika SMAN 1 Situbondo (SMASA) berkunjung ke SMAN 1 Mojosari, Mojokerjo dalam rangka studi tiru. Dasar pelaksanaan studi tiru tersebut adalah program kepala sekolah tahun pelajaran 2022/2023 dan hasil rapat koordinasi antara Kasek dengan Tim Wakasek, Tim Pengembang, dan Kepala TAS.

Ada 6 tujuan yang disusun TIM SMASA dalam kegiatan studi tiru tersebut, yaitu untuk menambah wawasan dalam pengelolaan keuangan BPOPP dan BOS, DWP, kebersihan, kegiatan sekolah, dan perencanaan program kreatif, serta mempelajari tahapan membuat program kegiatan yang berhasil.

Kepala SMASA, Marta Mila Sughesti, S.Pd., S.S., M.Pd mengungkapkan kunjungan studi tiru tersebut dalam rangka menjalin silaturahmi dan kekeluargaan dengan SMAN 1 Mojosari.Selain itu, dalam catatan beliau, setidaknya kunjungan tersebut menghasilkan 6 poin penting. Mulai dari terjaganya kebersihan sekolah, pelayanan maksimal kepada siswa, manajemen sekolah dan keuangan yang sehat, publikasi lewat radio dan televisi yang masif, pembelajaran outdoor yang menyenangkan, dan program kreatif yakni hari khusus fashion.

“Program-program baik tersebut tentu bisa jadi pertimbangan untuk kita. Yang baik bisa kita tiru, dan apa yang sudah baik dan berjalan di SMASA bisa terus kita lanjutkan. Yang terpenting adalah kebersamaan dan visi yang sama dari semua pihak yakni semata untuk SMASA lebih baik dan semakin berkibar,” ungkap Bu Marta.

Saat ditanya seputar pemilihan SMAN 1 Mojosari sebagai tujuan studi tiru, Bu Marta mengatakan salah satunya karena sosok kepala sekolah yang dikenal visioner dan kreatif.

“Saya mengenal beliau dengan baik. Beliau merupakan sosok kasek yang luar biasa baik sebagai guru dan kasek yang berprestasi. Beliau mampu mengubah wajah sekolah di manapun beliau ditugaskan. Salah satunya adalah mampu memberikan fasilitas pelayanan publik dengan sangat baik,” pungkasnya.

Dalam kunjungan studi tiru tersebut, sebanyak 12 sivitas akademika yang berangkat ke SMAN 1 Mojosari antara lain Kasek, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Kurikulum, Wakasek Humas, Bendahara BPOPP, Bendahara BOS, Kepala TAS, perwakilan guru, dan koordinator kebersihan.
__
Penulis: Moh. Farhan, S.S.