Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UNJA Kukuhkan 10 Guru Besar Baru, Siap Wujudkan World Class Enterpreneurship University

UNJA Kukuhkan 10 Guru Besar Baru, Siap Wujudkan World Class Enterpreneurship University

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) mengukuhkan 10 guru besar baru yang secara resmi mendapatkan SK Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen dengan TMT sejak Oktober 2021 sampai Desember 2022. Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. memimpin upacara pengukuhan para guru besar tersebut di Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo, pada Kamis (19/01/2023).

Sepuluh guru besar tersebut berasal dari berbagai fakultas yang ada di UNJA, diantaranya:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:

  • Dr. Drs. Ali Idrus, M.Pd., ME. (bidang ilmu Manajemen Pendidikan);
  • Drs. Maison, M.Si., Ph.D.,CIQaR., CIQnR. (bidang ilmu Pendidikan Fisika);
  • Dr. Drs. Syaiful, M.Pd.; Prof. Hadiyanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D. (bidang ilmu Pendidikan Matematika);
  • Hadiyanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D. (bidang ilmu Pendidikan Bahasa Inggris);
  • Dr. Drs. Sukendro, M.Kes., AIFO. (bidang ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan).

Fakultas Peternakan:

  • Ir. M. Afdal, M.Sc., M.Phil., Ph.D. (bidang ilmu Nutrisi Ruminansia);
  • Dr. Ir. Depison, M.P. (bidang ilmu Produksi Ternak).

Fakulstas Hukum:

  • Dr. Helmi, S.H., M.H. (bidang ilmu Hukum Administrasi Negara).

Fakultas Sains dan Teknologi:

  • Dr. Revis Asra, S.Si., M.Si. (bidang ilmu Biologi).

Fakultas Ekonomi dan Bisnis:

  • Dr. Drs. Syahmardi Yacob, M.B.A. (bidang ilmu Manajemen Pemasaran).

Dalam sambutannya, Rektor UNJA memaparkan Arah dan Aspek Transformasi Universitas Jambi. Dimana Renstra UNJA-SMART berada pada tahap peralihan menuju UNJA-WCEU. Syarat untuk mewujudkan UNJA-WCEU adalah dengan peralihan status kelembagaan UNJA dari PTN-BLU menjadi PTN-BH. Renstra peralihan tersebut dinamakan Renstra Reframing & Transformation UNJA-SMART atau R&T UNJA-SMART yang mengakomodasi 3 (tiga) program transisi: transformasi pembelajaran, transformasi organisasi & tata kerja, serta revitalisasi sistem manajemen keuangan dan asset.

Rektor UNJA turut menyampaikan selamat kepada seluruh bahwa dengan bertambahnya guru besar di UNJA akan menjadi sebuah kebanggaan. Rektor juga berpesan agar para guru besar yang memiliki hak dan tanggung jawab bisa memperkuat kelompok keahlian, pengabdian yang berdampak bagi masyarakat, patuh dan taat azas, dan dapat berkolaborasi untuk mengangkat marwah UNJA.

“UNJA berbangga dengan bertambahnya guru besar. Guru besar merupakan jabatan akademik tertinggi yang tentunya memiliki hak dan tanggung jawab serta kewajiban yang melekat, oleh karena itu seorang guru besar diharapkan dapat memperkuat kelompok keahlian (research group yang kuat) dan melakukan pengabdian yang dapat direkognisi dan berdampak bagi masyarakat. Kedua, memenuhi tagihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku ketika menyandang jabatan guru besar (patuh dan taat azas). Serta yang ketiga yaitu dapat berkolaborasi dengan pihak internal maupun eksternal untuk pendanaan penelitian yang dapat meningkatkan reputasi akademik sehingga dapat mengangkat marwah Universitas Jambi,” ujar Rektor.

“Kepada Guru Besar yang dikukuhkan, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas, pengabdian dan kerja keras yang telah diberikan dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Semoga pengabdian kita ini menjadi amal dan ibadah yang diridhoi oleh Allah SWT,” tutup Rektor.

Seluruh guru besar tersebut secara bergantian melakukan orasi ilmiah di hadapan seluruh pimpinan UNJA dan undangan yang hadir. Setelah orasi selesai dilaksanakan, Rektor UNJA mengukuhkan secara resmi 10 guru besar UNJA dengan simbolis pemasangan atribut guru besar.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS