Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UAD Teken Kerja Sama dengan Fatoni University Thailand

UAD Teken Kerja Sama dengan Fatoni University Thailand

Penandatanganan kerja sama antara Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Fatoni University (FTU) Thailand (Foto: Istimewa)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menandatangani perpanjangan kontrak kerja sama (MoU) dengan Fatoni University (FTU), Thailand, pada 1 Februari 2023. Bertempat di FTU, prosesi tersebut dilakukan secara langsung oleh Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. dan Rektor FTU Prof. Madya Dr. Ismaillutfi Japakiya.

Sebelumnya, kedua universitas telah menjalin hubungan baik dan kerja sama sejak tahun 2016. Dalam rentang waktu tersebut juga telah terlaksana beberapa program kolaborasi seperti seminar internasional terkait dinamika pendidikan agama Islam di era disrupsi, kunjungan ke kampus masing-masing, program kredit transfer mahasiswa, dan masih banyak lagi.

Dalam sambutannya, Rektor UAD mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat FTU dan segala fasilitas yang dipersiapkan dalam kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa dari semua program kerja sama yang telah terlaksana, diharapkan dapat terus berlanjut dan lebih maksimal. “Kami berharap bisa melakukan lebih banyak lagi kolaborasi dengan FTU di masa mendatang,” ujar Muchlas.

Melalui pembaruan MoU yang dilakukan tahun ini, terdapat beberapa rancangan kerja sama yang akan dilakukan ke depannya. Antara lain adalah pendirian museum pendidikan di FTU dengan benchmark ke Museum Muhammadiyah.

Kedua pihak juga sepakat untuk meneruskan kerja sama dalam student mobility, joint seminar, dan guest lecturer yang sebelumnya telah dilakukan. Selain itu, mereka juga menginisiasi joint publication dan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)  internasional dengan lab school  di masing-masing universitas. Terakhir, UAD akan bekerja sama dengan Pusat Studi Asia Bagian Indonesia (Pusaina) di FTU. (tsa)

uad.ac.id