Senin, 06 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH

Beberapa waktu belakangan ini, para pendidik dan kependidikan SMAN 3 BORONG melaksanakan satu agenda penting dalam rangka menyambut AKREDITASI SEKOLAH TINGKAT NASIONAL. Sebegitu pentingnya kegiatan ini sehingga seluruh komponen yang diminta diusahakan dipersiapkan sebagaimana mestinya. Sebagaimana yang diketahui bersama kegiatan AKREDITASI yang dilakukan pemerintah kepada instansi adalah sangat penting untuk melihat terutama keabsahannya sehingga benar-benar menjadi wadah pengembangan masyarakat. Akreditasi instansi pendidikan menjadi hal penting yang pemerintah lakukan sehingga suatu instansi pendidikan tertentu layak untuk mengemban misi dan visi pemberdayaan manusia. Akreditasi dilakukan sehingga masyarakat pada umumnya memiliki gambaran akan cara kerja sekolah dalam membina, mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan. Istilah teknis untuk hal ini adalah demi efektivitas, efisiensi dan inovasi pendidikan bagi manusia, generasi penerus bangsa. Instansi pendidikan yang tepat akan dapat menuntun manusia menunju pemuliaan manusia yang berakhlak mulia dalam keseimbangan pengetahuan dan hati nurani.

Perlu diketahui bahwa instansi pendidikan SMAN 3 BORONG telah melakukan akreditasi tingkat pertama pada 10 Agustus 2017 dengan nilai 69, predikat c berdasarkan SK penetapan Hasil Akreditasi BAP-S/M Nomor 24/SK/BAP-S/M NTT/VIII/2016. Pada tahun ini kesempatan akreditasi kembali ke SMAN 3 BORONG. Peluang penilaian yang langka ini adalah bagian utama dari rancangan pemerintah untuk memeriksa dan mengamati perkembangan proses pendidikan. Dengan kembalinya Badan Akreditasi Nasional Sekolah ke lembaga pendidikan SMAN 3 BORONG pada tahun ini menjadi peluang sekaligus tantangan dalam menata keseluruhan proses sehingga lembaga ini benar-benar menjadi salah satu rujukan untuk pembinaan anak manusia Indonesia pada umumnya dan anak manusia Kabupaten Manggarai Timur Khususnya.

Kepala SMAN 3 BORONG Bpk. Konstantinus E.Rada, S.Psi dalam beberapa kesempatan ketika menanggapi moment akreditasi ini menegaskan secara berulang untuk memberi perhatian yang saksama akan segala sesuatu sehingga tahun ini selangkah lebih maju dari akreditasi sebelumnya. Semua ketentuan sebagai persyaratan hendaknya dipersiapkan serapih mungkin sehingga kita tidak terkesan tergesa-gesa dalam mempersiapakan dokumen-dukumen sebagaimana diminta oleh badan akreditasi nasional. semua item yang diminta harus dibuat dalam bentuk dokumen sehingga dengan mudah dikirim sesuai dengan ketentuan pihak yang berwenang. menyinggung urgensi dari akreditasi, beliau menandaskan bahwa ini adalah bagian dari jaminan yang dibutuhkan sehingga masyarakat pada umumnya dapat dengan yakin akan layanan pendidikan sesuai ketentuan yang ditetapkan. tambahan pula, akreditasi Nasional adalah salah satu bentuk pengakuan pemerintah kepada lembaga pendidikan sehingga layak dimanfaatkan masyarakat sebagai wadah pembinaan manusia.

semoga dengan perhatian pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Sekolah, lembaga ini semakin maju dalam pergerakannya menggembleng manusia menjadi insan andalan masa depan. Mewakili lembaga, kepala SMAN 3 BORONG menyampaikan rasa syukur yang tidak terhingga terhadap perhatian yang luar biasa dari pemerintah sehingga lembaga pendidikan ini terus berbenah dan mengarah kepada proses pendidikan yang selaras zaman.

Sesuai instuksi pimpinan lembaga, peserta didik akan dilayani pelajaran hingga pukul 10.00 dan setelahnya melaksanakan literasi terbimbing dengan membaca dan membuat ringkasan dari bacaan.