Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Rame-rame Balik Ke Umo, Meriahnya Reuni Akbar IKA Faperta UNJA

Rame-rame Balik Ke Umo, Meriahnya Reuni Akbar IKA Faperta UNJA

MENDALO, – Reuni Akbar ikatan Alumni (Ika) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jambi (Unja) di Kampus Mendalo, Sabtu (27/5/2023) berlangsung meriah. Diperkirakan seribu lebih alumni mulai dari angkatan non SKS, hingga tahun 2018, yang tersebar di kota Jambi, di kabupaten, bahkan dari luar Provinsi Jambi rame rame “Balek ke Umo”.

Sejak pukul 07.00 wib para alumni sudah berdatangan dan melakukan registrasi, karena acara diawali Fun walk berkeliling ke kebun percontohan, Teaching Farm and Research dan areal kampus lainnya. Pertemuan para alumni itu dipenuhi gelak tawa, canda ria, dan sesi swafoto menjadi momen yang terlihat di sepanjang lokasi reuni.

Acara Reuni Akbar bertajuk :Balek ke Umo: Together We Become Strong” itu diawali dengan launching lagu Mars Pertanian yang diaransemen ulang dan akan menjadi lagu resmi Faperta Unja. Dilanjutkan dengan kegiatan Funwalk yang dilepas oleh Dekan Faperta Unja, Prof Suandi dan sejumlah dosen senior. Funwalk sejauh sekitar 2 kilometer itu diwarnai dengan panen perdana kelapa sawit di kebun Faperta Unja.

Panen perdana dilakukan oleh Dekan Faperta, Prof Suandi diikuti dosen senior Prof Zulkifli Alamsyah, Ketua IKA Faperta 2023/2027, DR Ardi dan mantan Ketua IKA Faperta, Ir Agus Rizal, MM. Bibit kelapa sawit yang dipanen merupakan bantuan dari pengurus IKA Faperta periode sebelumnya. Fun walk juga berhadiah doorprize mulai dari sepeda, kompor gas, tiket pesawat Jambi-Denpasar, pupuk kompos, kosmetik, beras dan lain lain yang merupakan sumbangan dari para alumni.

Tampak hadir, sejumlah pejabat yang merupakan alumni, seperti Bupati Bungo, Mashuri, para kepala dinas di lingkungan Pemprov Jambi maupun Pemkab, termasuk para alumni yang sukses menjadi pengusaha. Mereka berbaur bersama dengan menanggalkan atribut dan status jabatannya.

Reuni akbar ini turut dimeriahkan penampilan dari lintas angkatan dan penarikan door prize serta makan siang bersama, Dekan Faperta periode 2004-2008 Prof Zulkifli Alamsyah mengaku terharu melihat antusiasnya para alumni mengikuti Reuni Akbar ini.
“Saya bahagia karena alumni dari berbagai daerah dengan berbagai keberhasilannya hadir bersama disini dengan penuh semangat kebersamaan,” ujarnya. Hal itu menurutnya merupakan potensi besar untuk ikut menunjang pembangunan Jambi.

Ketua IKA Faperta Unja, DR Ardi mengatakan kehadiran para alumni yang membludak di acara Reuni Akbar ini merupakan kebanggaan tersendiri. Dan para alumni terutama yang sukses diharapkan bisa ikut membantu adik adik alumni lainnya, terutama yang baru lulus untuk mendapatkan pekerjaan.

Ketua Panpel Reuni Akbar, Dr. Fuad Muchlis mengatakan antusias alumni mengikuti kegiatan ini sangat besar.

“Hasil registrasi terdaftar sekitar 903 orang. Yang tidak terdaftar, maupun datang agak siang juga cukup banyak,” jelas Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Faperta Unja ini.

Fuad berharap kegiatan ini bukan seremoni belaka, namun bisa saling menjalin kebersamaan dan menjadi suatu kekuatan besar dalam memajukan Faperta Unja dan Provinsi Jambi.

Silvia Yuliansari Asril/HUMAS