Senin, 06 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) oleh lulusan SMK

Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) oleh lulusan SMK

BKK bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek

Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Trenggalek sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran, serta penempatan tenaga kerja bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek mengadakan serangkaian acara dalam mengoptimalkan peran sekolah dalam dalam mengurangi pangangguran.

Pada hari Rabu tanggal 15 November 2023, bertempat di Aula SMKN 2 Trenggalek, BKK bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek mengadakan Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) oleh lulusan SMK. Acara ini didedikasikan untuk memberikan panduan yang bagi siswa dalam memilih jalur setelah lulus, terutama mereka yang mempunyai keinginan membangun usaha.

Kegiatan tersebut merupakan tahap kedua dalam rangkaian pra rekrutmen oleh tim BKK SMKN 2 Trenggalek. Sebelumnya, pada tanggal 25 Oktober 2023 telah diadakan Workshop Penguatan Budaya Kerja Masa Depan. Tahapan terakhir akan diadakan pada Senin, 27 November 2023 dengan tajuk Bimbingan Karir yang tentu saja juga masih bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek

Acara dimulai pukul 13:00 WIB dan dibuka dengan sambutan Bapak Drs. Sumitra, M.M. selaku Kepala Sekolah. Kemudian, acara diisi oleh 2 pemateri, yaitu Bapak Yannear Al Reza, S.Sos dan Ibu Rinatin, S.Sos. yang memberikan panduan serta pandangan menyeluruh mengenai pilihan setelah lulus, berfokus pada bekerja dan berwirausaha.

Pemaparan materi mengenai kewirausahaan di abad 21 dengan berbagai contoh dan tips usaha diterima siswa dengan antusiasme tinggi serta tampak semangat mengikuti hingga selesai. Usai pemaparan tentang usaha tanpa modal dengan sosial media, beberapa siswa yang terlihat memiliki minat berwirausaha juga mengajukan pertanyaan. Hal tersebut disambut baik oleh kedua pemateri. Aktif dalam mengikuti pelatihan wirausaha, pendampingan UMKM, pembinaan digital marketing, dan pembinaan public speaking merupakan bekal untuk wirausaha.

Seluruh hadirin bersama-sama berfoto sebagai kenangan yang tak terlupakan sebagai penutup acara yang hangat namun penuh semangat.

“Keberhasilan bukan milik orang pintar. Keberhasilan milik mereka yang terus berusaha.”, B. J. Habibi