Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PT PNM Pembuka Rangkaian Sosialisasi dan Rekrutmen BKK SMKNEDA

PT PNM Pembuka Rangkaian Sosialisasi dan Rekrutmen BKK SMKNEDA

BKK SMK Negeri 2 Trenggalek membuka tahun 2024 dengan sosialisasi dari PT PNM (Permodalan Nasional Madani), perusahaan pembiayaan yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro bersama BRI dan Pegadaian. 100 siswa kelas XII dari jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga menjadi peserta sosialisasi yang bertempat di Aula pada hari Senin, tanggal 22 Januari 2024 tersebut. Kegiatan diadakan dalam rangka mempersiapkan serta menumbuhkan motivasi siswa dalam memasuki dunia kerja.

            Narasumber dari PT PNM yaitu bapak Riski Wijayanto menjelaskan tentang salah satu layanan yaitu Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) yang merupakan pinjaman modal bagi perempuan prasejahtera yang akan membuka UMKM. Beliau menginginkan siswa dari AKL usai lulus dari SMK nantinya menjadi bagian dari PNM Mekaar. Posisi yang ditawarkan adalah Account Officer (AO) dengan beberapa tugas yaitu: melakukan pengenalan program PNM; melakukan Proses Uji Kelayakan sebelum calon nasabah menjadi nasabah binaan; menjalankan proses pencairan dana (biaya); pengelolaan nasabah yang dibina dalam bentuk kelompok; menjaga hubungan baik dengan nasabah.

Kehadiran PNM Mekaar di lingkungan masyarakat prasejahtera tidak hanya membantu dari segi permodalan, tetapi juga berkontribusi dalam melakukan pembinaan. Inilah tugas yang lebih sulit karena menyangkut perubahan sikap dan pola pikir agar menjadi insan yang produktif. Peran penting Account Officer (AO) yang menjadi ujung tombak dalam mengedukasi dan memotivasi masyarakat diharapkan bisa diperoleh dari lulusan-lulusan jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga dari SMK Negeri 2 Trenggalek.