Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) SMPN 1 Kalipucang Dilaksanakan Secara Daring

Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) SMPN 1 Kalipucang Dilaksanakan Secara Daring

Seluruh siswa SMPN 1 Kalipucang telah mengikuti Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) ganjil tahun pelajaran 2023-2024 secara daring selama enam hari, 4 Desember-11 Desember 2023. Pelaksanaan ASAS menggunakan aplikasi e-learning yang dimiliki sekolah.

Sejak dua tahun terakhir, SMPN 1 Kalipucang sudah menerapkan segala bentuk penilaian dengan aplikasi berbasis daring. Selama kegiatan ASAS siswa menggunakan handphone milik sendiri. Sementara itu, bagi siswa yang tidak memiliki handphone difasilitasi pengerjaannya di laboratorium TIK dengan menggunakan komputer.

Berbagai keuntungan dalam menggunakan penilaian online di antaranya adalah siswa dapat melihat langsung nilai yang diperolehnya. Selain itu, guru tidak perlu mengoreksi lembar jawab secara manual sekaligus menghemat penggunaan kertas.  Kemungkinan untuk mencontek pun sedikit karena adanya pengacakan soal dan opsi jawaban.

Metode ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa terhadap apa yang selama ini didapatkan selama proses belajar berlangsung. Terlebih panitia ASAS selalu mengoptimalkan jalannya ujian dan bisa mengantisipasi lebih cepat jika terjadi kendala jaringan.

Asep Saepul Bahri, S.Pd., wakil kepala sekolah bidang kurikulum mengungkapkan bahwa penilaia itu dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah dipelajari selama satu semester.

“Kami berharap siswa dapat meraih hasil maksimal dan terus bersemangat untuk meningkatkan prestasi di masa mendatang” tambahnya. (wlndr)