Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Nesaka Sehat, Nesaka Ceria Lewat P5 “Bangunlah Jiwa Raganya”

Nesaka Sehat, Nesaka Ceria Lewat P5 “Bangunlah Jiwa Raganya”

SMP Negeri 1 Kalipucang menggelar aksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema “Bangunlah Jiwa Raganya”, pada Jumat (15/12/2023).

Diketahui, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022.

Selain itu, P5 merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

Dengan slogan “Nesaka Sehat Nesaka Ceria”, kegiatan P5 kali ini dilakukan dengan menggelar kegiatan senam ceria yang dipandu oleh instruktur khusus. Siswa tampak antusias dan begitu bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

Setelah senam, siswa dan guru makan bersama (mabar) dengan menu gizi seimbang yang berisi nutrisi karbohidrat,protein hewani, protein nabati, sayuran, buah-buahan, susu serta air mineral. Kegiatan ini berkolaborasi dengan program sekolah sehat.

Tia Fauziyah sebagai kordinator P5 mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk karakter profil pelajar pancasila yang sehat baik jiwanya maupun raganya. Membangun jiwa peserta didik berarti memiliki jiwa dan mental yang sehat, dapat menjadi teladan bagi siapapun, dan memiliki sikap religius. Membangun raga berarti peserta didik bisa memiliki tubuh yang sehat dan aktif dalam belajar. (wlndr)