Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Prestasi Tim Siswa MTs MUHAKARTA Raih Juara Harapan 3 LKTI MARCO #2

Prestasi Tim Siswa MTs MUHAKARTA Raih Juara Harapan 3 LKTI MARCO #2

MTs Muhammadiyah Karangkajen Mengirimkan Tim siswa dalam lomba LKTI MARCo#2. Pada ajang tersebut, tim siwa MTs Muhammadiyah unggulan Karangkajen beranggotakan Asma Nur Mayliana Putri (Kelas 8B) sebagai ketua tim, serta Fitria Nur Halizah (Kelas 8E) dan Uswatun Hasanah (Kelas 7B), keduanya sebagai anggota. Tim ini mengusung topik penelitian “Manajemen Value Chain pada Bank Sampah di Bausasran Yogyakarta”.

Setelah melewati proses yang panjang mulai pengumuman lolos abstrak pada 15 Oktober 2023 hingga Final pada 20 Desember 20 Desember 2023, tim siswa MTs Muhammadiyah Karangkajen berhasil menyabet Juara Harapan 3 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) MARCO 2023 yang diselenggarakan oleh MAN 4 Bantul. Acara tersebut diikuti oleh 80 tim peserta SMP/MTs se-DIY Jateng.
Adapun dari 80 tim peserta LKTI MARCO #2 se-DIY-Jateng, sekolah/madrasah pemenang LKTI Marcopolo 2023 yaitu MTsN 1 Kudus (Juara 1), MTsN 4 Sleman (Juara 2), MTsN 4 Bantul (Juara 3), MTsN 1 Yogyakarta (Juara Harapan 1, MTsN 1 Yogyakarta (Juara Harapan 2), dan MTs Muhammadiyah Karangkajen (Juara Harapan 3).

Suwanto, S.Pd.Si sebagai guru pembimbing LKTI tersebut mengungkapkan bahwa capaian ini merupakan buah kerja keras dari siswa yang semuanya mengikuti ekstrakurikuler KIR MTs Muhammadiyah Karangkajen setiap Senin. “Ini sangat luar biasa karena merupakan pengalaman pertama tim siswa dari MTs Muhammadiyah Karangkajen mengikuti ajang LKTI dan sampai presentasi final,” tuturnya. Bersyukur dapat lolos hingga babak final meskipun ajang LKTI ini diikuti oleh banyak sekolah/madrasah yang hebat-hebat dan sudah pengalaman lolos atau juara.

Apalagi selama ini, Kepala MTs Muhammadiyah Karangkajen, Badrudin ARK, S.Ag., M.SI senantiasa mensuport penuh dan memotivasi siswa untuk terus rajin beribadah, giat belajar, dan raih berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Hal ini sebagaimana core values MTs Muhammadiyah Karangkajen yaitu “Religius Terampil Berprestasi.” Ini juga yang terus memacu siswa-siswi MTs Muhammadiyah Karangkajen untuk merai prestasi dan membawa nama baik madrasahnya.