Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

TIM GERAK JALAN DAN PRAMUKA SMADA BORONG TROPHY JUARA

TIM GERAK JALAN DAN PRAMUKA SMADA BORONG TROPHY JUARA

Tim Gerak Jalan dan Pramuka SMAN 2 Ponorogo membawa kabar membanggakan nih! Kali ini Tim Gerak Jalan Smada berhasil membawa nama baik sekolah kita dengan mengawinkan gelar Juara 1 Putra &  Juara 1 Putri dalam Lomba Gerak Jalan jenjang SMA/SMK/MA se-Kabupaten Ponorogo yang diselenggarakan oleh Disbudparpora pada tanggal 11 Agustus 2023 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sementara itu, Pramuka Smada meraih  Juara Umum dengan menggondol Juara 1 Lomba Formasi, Juara 1 Lomba Deville, dan Juara  3 Lomba Karnaval dalam Kirab Pramuka 2023 yang diselenggarakan oleh Kwarcab Ponorogo pada tanggal 14 Agustus 2023.

Pencapaian setinggi itu tentunya tidak  diraih dengan mudah. Mereka pastinya sudah melakukan persiapan dengan baik dan matang. Nah, seperti yang dilakukan oleh Tim Gerak Jalan Smada yang beranggotakan 34 siswa, yang terdiri dari 17 siswa putra dan 17 siswa putri.  Di balik semua pencapaian yang telah diperoleh, ada perjuangan yang mereka jalani. Mereka menjalani latihan rutin sekitar 3-4 minggu sebelum perlombaan. Latihan tersebut dilakukan setiap hari dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Cukup melelahkan bukan? Persiapan yang mereka lakukan saat latihan yaitu mempelajari dasar PBB serta latihan fisik.

Tidak jauh berbeda dengan Tim Gerak Jalan Smada, Pramuka Smada juga mengalami lika-liku selama  menjalani latihan kirab. Anggota Pramuka Smada berjumlah 37 siswa yang dibagi menjadi 2 pleton. Pleton pertama yang beranggotakan 15 siswa bertugas untuk mengikuti kirab pionering. Pleton kedua yang beranggota 22 siswa bertugas untuk mengikuti lomba devile dan formasi. Mereka menjalani latihan selama 6 minggu dari bulan Juli hingga pertengahan Agustus.

Beberapa kendala juga dialami Pramuka Smada, seperti sulitnya menjaga kekompakan dan penyesuaian diri. “Materi pelatihan kirab sangat padat, jika ada yang tidak mengikuti pelatihan, maka akibatnya pada pelatihan selanjutnya para anggota pastinya sulit untuk menyesuaikan kembali. Kekompakan antar anggota juga berpengaruh sekali pada latihan kami, justru itu yang menjadi kendala yang paling sering kami alami,” ujar Desvano Freshiandy sebagai salah satu anggota Tim Kirab Pramuka Smada.

“Saya sangat senang karena kerja keras kami selama ini telah membuahkan hasil,” kata Dzulkifli, salah satu anggota Tim Gerak Jalan Smada. Meskipun sangat menguras tenaga dan pikiran, mereka bangga bisa mengukir prestasi yang membanggakan. “Rasanya letih sekali, tetapi kami tetap melalui prosesnya dengan sabar dan tenang hingga hari-H tiba. Bahkan, kami juga mendapat banyak pengalaman dan kenangan yang sangat indah yaitu mengharumkan nama SMAN 2 Ponorogo  dengan meraih Juara Umum tingkat kabupaten,” tambah Rafif, selaku Danton Kirab Pramuka Smada. Siapa yang ingin berprestasi seperti mereka? Ukirlah prestasi sebanyak-banyaknya dan jadilah siswa teladan!*

oleh:
Ratri Kusumaningrum (X-6)
Steffanie Armelia R (X-1)