Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

UNJ Gelar Pembekalan Mahasiswa KIP-Kuliah dengan Tema: SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045

UNJ Gelar Pembekalan Mahasiswa KIP-Kuliah dengan Tema: SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045

Humas UNJ, Jakarta – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melalui Kantor Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah UNJ yang mengusung tema “SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, 13 Maret 2024 bertempat di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika Lantai 2, Kampus A UNJ.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, Prof. Ari Saptono selaku Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Sarkadi selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Fahrurrozi selaku Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Iwan Sugihartono selaku Ketua LP2M, Dr. Widya Parimita selaku Kepala Badan Pengelola Usaha, Sekretaris LP3M serta Mahasiswa/i UNJ penerima KIP.

Prof. Sarkadi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dilakukan terutama bagaimana UNJ menyiapkan generasi unggul menuju Indonesia Emas 2045. UNJ sebagai suatu lembaga yang berdiri untuk menciptakan anak-anak yang unggul dalam dunia pendidikan, sudah sepantansnya memberikan pembekalan kepada generasi selanjutnya bagaimana menyiapkan hal tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Komarudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembekalan ini penting karena Anda semua yang terpilih oleh negara dan pemerintah untuk diberikan bantuan. Anda tidak boleh berkecil hati dan rendah diri di dalam pergaulan akademik, karena pasti Anda dipertimbangkan mempunyai potensi yang bagus. Oleh karena itu, merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk menunjukkan kemampuan dan pengabdian kepada negara. Rektor menghimbau agar mahasiswa penerima KIP-Kuliah aktif dalam kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan kompetensi. Sebagai mahasiswa juga harus fokus, terstruktur dan terukur dalam perkuliahan dan kegiatan. Rektor berpesan kepada mahasiswa/i penerima KIP-Kuliah untuk mempersiapkan diri menjadi mahasiswa yang unggul dalam pengembangan kapasitas diri.

Kegiatan dilanjuntkan dengan pemaparan materi terkait “SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045 dengan KIP Kuliah Merdeka” oleh Dr. Muni Ika selaku Penanggungjawab Program KIP Kuliah dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek serta pemaparan materi oleh dr. Sofyan Tan selaku Anggota Komisi X DPR RI yang dimoderatori oleh Shandy Aditya, BIB, MPBS selaku Tim Pengembang Wakil Rektor III UNJ.