Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Sahur Bersama: DWP IAIN Papua Ajak Mahasantri Saling Jaga Silaturahim

Sahur Bersama: DWP IAIN Papua Ajak Mahasantri Saling Jaga Silaturahim

(iainfmpapua.ac.id) – Dalam momentum bulan Ramadan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengajak para mahasantri Mahad Al Jamiah untuk saling menjaga  silaturahim. Ketua Ketua DWP IAIN FM Papua, Ny. Suyanti Marwan Sileuw menyampaikan hal ini usai menyerahkan sumbangan untuk makan sahur para mahasantri, 23 Maret 2024.

“DWP bersama pengurus mahad menyiapkan bahan-bahan untuk diolah menjadi menu makan sahur bersama, semoga kegiatan makan sahur bersama ini dapat saling menyambung silaturahim di antara DWP, para takmir, para mahasantri di kampus, dan semua warga kampus,” ucapnya. Pihaknya menjelaskan, sumbangan untuk makan sahur diperoleh dari anggota DWP dan Majelis Taklim Perisba. Sumbangan uang sebesar Rp.4.350.000 dan juga bahan makanan diolah bersama menjadi aneka menu sahur di Bulan Ramadhan 1445 H. “Jika ada sumbangan yang akan masuk lagi, masih bisa kita tambahkan untuk keperluan makan sahur sampai akhir Ramadhan nanti,” ucapnya.

Wakil Ketua III DWP IAIN FM Papua, Dian Prameswary Iribaram menuturkan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Takmir Masjid Al Hamid dalam menyiapkan menu makan sahur. “Kami menyediakan sekitar 60 porsi menu sahur dengan berbagai varian menu tiap harinya, seperti ikan, ayam, telur dan sayur lainnya,” tuturnya. Pihaknya juga membentuk panitia kerja yang beranggotakan para pengurus mahad dan takmir untuk mengolah menu sahur hingga penyajian. “Ini merupakan kegiatan rutin DWP yang diadakan tiap tahun selama bulan Ramadan,” paparnya.

Intan Kusmawati A. Umar, salah satu mahasantri Mahad Al Jamiah menyebutkan bahwa makan sahur bersama ini dapat membangun silaturahmi antar penghuni asrama. “Hal ini dapat membangun komunikasi selayaknya antar saudara sesama muslim,” ungkapnya. Intan mewakili mahasantri yang lain menuturkan rasa syukurnya dengan adanya makan sahur dan buka puasa bersama. “Bisa membantu teman-teman yang sedang merantau dan jauh dari orangtua untuk bisa tetap menikmati momen Ramadhan bersama teman-teman dan menyantap hidangan sahur bersama,” jelasnya. Intan juga berterimakasih kepada para pihak yang sudah berpartisipasi. “Baik dalam menyediakan bahan makanan ataupun kebutuhan-kebutuhan lain, semoga Allah membalas segala kebaikan yang telah diberi terhadap orang-orang yang mempergunakan hartanya di jalan Allah,” terangnya. Kegiatan makan sahur bersama ini diikuti mahasantri dari Mahad Putri dan Mahad Putra di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua.  (Za/Is/Her/)