Jumat, 03 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Terbaik 2024

Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Terbaik 2024

Perkembangan zaman membuat jenis pekerjaan menjadi semakin beragam di berbagai bidang, yang artinya peluang kerjanya semakin luas. Namun, ada beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang paling banyak dicari. 

Memilih jurusan kuliah memang tidak boleh asal, karena bisa menentukan masa depan karir dan bahkan jumlah gaji kalian. Beberapa jurusan tertentu lebih banyak dibutuhkan daripada jurusan lainnya, yang berarti peluang kerjanya lebih luas. Apa saja jurusan tersebut? Cek di bawah ini!

Rekomendasi Jurusan Kuliah Terbaik Saat Ini

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, tak heran jika lulusan paling banyak dicari berasal dari rumpun ilmu komputerisasi dan sejenisnya. Untuk lebih jelasnya, simak infonya di sini!

1. Teknik Informatika

Fokus utama dari jurusan ini adalah praktik dan studi lapangan, yang mencakup pemrograman, algoritma, dan keamanan komputer. 

Jika kalian memiliki ketertarikan pada bidang analisa, maka jurusan ini cocok jadi pilihan. Setelah lulus, kalian bisa menjadi web developer, programer, data scientist, atau web engineer.

2. Teknik Komputer

Bukan merakit laptop atau komputer, tapi jurusan ini kalian akan mempelajari tentang strategi dan teori penerapan ilmu komputer, seperti pengembangan, perancangan, dan sistem-sistem berbasis komputer.

3. Teknik Elektro

Rekomendasi jurusan kuliah selanjutnya dating dari teknik elektro. Ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini punya pengaruh kuat terhadap perkembangan peradaman manusia, dan lulusannya terus dibutuhkan di masa depan. 

Tanpa adanya orang-orang yang mempelajari teknik elektro, maka komunikasi dan teknologi internet mungkin tidak ada atau tidak sebagus sekarang.

4. Teknik Mesin

Jurusan ini berkutat pada berbagai jenis mesin yang saat ini digunakan di berbagai objek teknologi. Jurusan ini juga mempelajari tentang pembuatan serta pengoperasian robot. 

Namun untuk masuk ke jurusan ini, kalian sebaiknya sudah memiliki pengetahuan dasar tentang Matematika, Sains, Fisika, dan Kimia.

5. Sistem Informasi

Masih berkaitan dengan teknologi, ada jurusan Sistem Informasi yang akan mempelajari tentang manajemen, ilmu komputer, dan bisnis. Jurusan ini cocok untuk kalian yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang ilmu IPS dan IPA secara gabungan.

6. Statistika

Salah satu profesi yang paling dibutuhkan di masa depan menurut World Economic Forum’s adalah ilmuwan data (data scientist), dan sebelumnya kamu perlu masuk ke jurusan Statistika. 

Masuk jurusan ini bisa mempelajari tentang cara mengolah, mengumpulkan, mengelola, mengimpresentasikan, menganalisis, dan menyajikan data-data.

Mempertimbangkan kebutuhan dunia kerja saat ini dan di masa depan saat penting dalam menentukan jurusan. Beberapa rekomendasi jurusan kuliah di atas bisa Anda temukan di UNNES yang merupakan universitas ternama di Indonesia.

Dapatkan detail kuota setiap program studi yang ada hanya di sini