Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Road to Archery Championship Rektor Unpas Cup I, Puluhan Tendik Ikuti Barebow Home Tournament

Road to Archery Championship Rektor Unpas Cup I, Puluhan Tendik Ikuti Barebow Home Tournament

BANDUNG, unpas.ac.id – Menjelang gelaran Archery Championship Rektor Unpas Cup I, kurang lebih 60 tenaga kependidikan Universitas Pasundan berpartisipasi dalam Barebow Home Tournament Archery di Kampus Setiabudhi, Sabtu (17/12/2022).

Sesuai namanya, Barebow Home Tournament Archery hanya memperlombakan nomor barebow untuk kategori putra dan putri dengan jarak bidik 10M. Peserta juga dibagi menjadi kelas pemula dan kelas mahir.

Selain tendik kantor pusat dan fakultas, turnamen internal ini juga diikuti perwakilan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM).

Barebow Home Tournament Archery. (Foto: Rico B)

Barebow Home Tournament Archery digelar selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 17-18 Desember 2022. Agenda hari pertama meliputi babak penyisihan dan 8 besar. Sementara final akan dilanjutkan di hari kedua.

“Dengan dukungan Rektor, tanggal 26-27 Desember 2022, Unpas akan menyelenggarakan Archery Championship Rektor Unpas Cup I tingkat nasional untuk nomor individu dan beregu,” jelas Ketua Panitia Pelaksana Dr. Ir. Yudi Garnida, MP.

Debut Archery Championship

Archery Championship Rektor Unpas Cup I akan diselenggarakan di GOR Pajajaran, Bandung. Peserta yang dikirim harus atas nama Pengcab/Pengkot, klub, sekolah, atau komunitas.

Ada lima divisi yang diperlombakan, yaitu Standar Nasional U9 10M, Standar Nasional U15 20M, Standar Nasional U18 30M, Standar Nasional Umum 40M, dan Barebow Umum 20M.

Total medali emas, perak, dan perunggu yang diperebutkan masing-masing sebanyak 56 medali. Peserta juga akan mendapatkan piagam, dana pembinaan, dan trofi bagi juara umum 1, 2, dan 3.

Barebow Home Tournament Archery. (Foto: Rico B)

“Archery Championship Rektor Unpas Cup I digagas Rektor pada Coaching Clinic Panahan, 8 Desember lalu. Mudah-mudahan, dari Barebow Home Tournament Archery, Unpas bisa melahirkan atlet panahan baru supaya terjadi regenerasi,” tambahnya.

Ia menambahkan, kemunculan Unpas di berbagai kejuaraan panahan sudah mulai diperhitungkan. Ia pun mengajak mahasiswa untuk bergabung dengan Unpas Archery Club, sehingga atlet yang bertanding tidak hanya dari kalangan tendik.

Unpas Diminta Bergabung Klub Perpani

Dari sejumlah prestasi yang ditorehkan, Unpas Archery Club bahkan diperbolehkan mengajukan klub di bawah Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bandung, sehingga statusnya bukan lagi komunitas.

Barebow Home Tournament Archery. (Foto: Rico B)

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Perpani Kota Bandung Sani Ahmad Safii saat Coaching Clinic Panahan. Ia turut mengapresiasi Unpas dalam membantu memopulerkan olahraga panahan.

“Sejak awal Unpas ikut kejuaraan, itu sudah menunjukkan prestasi yang baik. Saya harap, Unpas bisa masuk ke jajaran klub panahan Perpani Kota Bandung agar atlet-atletnya bisa ikut seleksi kompetisi olahraga multievent,” tuturnya. (Reta)**