Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Banyak Manfaat, Unpad Ajak Mahasiswa Ikut Program Kampus Mengajar dan Kewirausahaan

Banyak Manfaat, Unpad Ajak Mahasiswa Ikut Program Kampus Mengajar dan Kewirausahaan

Laporan oleh Riwisna Putunanga

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui program Kampus Mengajar dan Kewirausahaan, sebagai bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Sosialisasi dua program tersebut dilakukan Tim Program Pengembangan Kemahasiswaan Unpad melalui kegiatan yang diselenggarakan secara daring, Kamis (19/1/2023). Sosialisasi Kampus Mengajar disampaikan langsung oleh koordinator program Ir. Raden Febrianto Christi, S.Pt., M.S.,IPM, sedangkan program kewirausahaan disampaikan Rivani, S.IP., MM., DBA.

Dalam paparannya, Christi menjelaskan, tujuan dari program kampus mengajar adalah mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pengembangan Pendidikan di Indonesia dari SD dan SMP. Terdapat keunikan dari kegiatan tersebut saat diimplementasikan di Unpad.

“Mahasiswa tidak hanya mengajar tetapi juga adanya penguatan pembelajaran literasi dan numerasi pada level yang berbeda, yaitu SD, SMP, dan SMA/SMK,” kata Christi.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa juga akan diberi kesempatan menguasai berbagai bidang keilmuan. Hal ini bertujuan karena nantinya, mahasiswa akan menjadi mitra guru di sekolah untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas pembelajaran siswa.

Pendaftaran program Kampus Mengajar dibuka hingga Minggu, 22 Januari 2023 melalui laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar. Peserta akan dilakukan seleksi pada 23 Januari 2023. Program tersebut akan berlangsung pada 31 Januari hingga 25 Juni 2023.

Selain kegiatan Kampus Mengajar, ada juga program Kewirausahaan yang merupakan alternatif kegiatan MBKM di Unpad. Kegiatan ini memiliki tiga opsi model pembelajaran, yaitu initiation, internship, dan community development.

Rivani mengatakan bahwa wirausaha yang perlu dikembangkan adalah kompetensinya. “Saat ini Unpad menganggap wirausaha tidak hanya bagian prodi atau fakultas tertentu, tapi memang seluruh fakultas perlu untuk mengasah wirausahanya. Hal ini menunjang profesi baik untuk professional maupun usaha sendiri,” ujarnya.

Pendaftaran program Kewirausahaan Unpad dibuka hingga 15 Februari 2023 melalui tautan bit.ly/register_mbkmwirausaha_unpad. Program ini terbuka bagi mahasiwa program Sarjana dan Sarjana Terapan di lingkungan Unpad.(arm)*