Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa UNJA Juara 3 Lomba Esai Nasional di UIN Malang

Mahasiswa UNJA Juara 3 Lomba Esai Nasional di UIN Malang

JAMBI,- Devi Reza mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 bersama dengan Wandi Saputra Prodi Pendidikan Matematika angkatan 2020, berhasil meraih Juara 3 Lomba Esai Nasional pada acara “Literacy Celebration of HI (LIBERTHI)” yang diselenggarakan oleh UPKM Halaqoh Ilmiah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada 28 Januari – 4 Maret 2023.

Perlombaan tersebut diikuti sebanyak 117 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang kemudian masuk ke finalis dalam 10 tim. Hadiah yang diperoleh berupa sertifikat dan uang pembinaan. Judul esai yang diangkat oleh Devi dan Wandi yaitu “SILA (SOCIETY INTEGRATED LITERACY ARENA): Rancang Bangun Aplikasi Android Berbasis Mobile Integrated Learning sebagai Platform Pembelajaran Ragam Kemampuan Literasi Masyarakat Indonesia untuk Mewujudkan Desa/Kelurahan Cerdas”.

Esai mereka berdua menghasilkan kesimpulan bahwa literasi adalah keterampilan yang sangat diperlukan oleh masyarakat, karena menjadi dasar dalam pengambangan SDM. SDM yang unggul akan meningkatkan kualitas pendidikan guna mewujudkan presidensi G20. Masyarakat Desa Kandang memiliki kemampuan literasi yang masih rendah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, 72% masyarakat Desa Kandang tidak bisa terlepas dari gawai. SILA (Society Integrated Literacy Arena), yang merupakan rancang bangun aplikasi android berbasis integrated learning mampu menjadi solusi atas krisisnya kemampuan literasi masyarakat Desa Kandang. Karena fitur-fitur di dalamnya yang lengkap, menarik, dan dapat disesuaikan dengan usia membuat masyarakat lebih antusias untuk menggunakannya. SILA dapat meningkatkan 6 aspek keterampilan literasi, sesuai dengan yang termuat di dalamnya, yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi budaya, literasi sains, litersi finansial, dan literasi digital.

Devi selaku perwakilan tim menjelaskan motivasi awal dan persiapan yang mereka lakukan sebelum berlomba.
“Motivasi awal dan persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti lomba/kegiatan tersebut karena ingin mengasah skill dalam dunia kepenulisan. Ingin mengharumkan nama Universitas Jambi dan membanggakan orang tua. Persiapannya menyiapkan naskah, latihan, dan berdoa, serta meminta doa dari orang tua,” tutur Devi.

Tak lupa Devi mengutarakan harapannya untuk bisa terus mengharumkan nama UNJA di kancah nasional maupun internasional. Ia juga berharap prestasi yang diraih bisa memotivasi teman-temannya.
“Harapan kami ke depannya semoga bisa kembali melakukan perlombaan dan mengharumkan nama kampus Universitas Jambi dengan memenangkan berbagai ajang perlombaan di tingkat nasional maupun internasional, serta semoga ke depannya teman-teman yang lain termotivasi untuk ikut dalam kompetisi di berbagai perlombaan agar bisa bersama-sama untuk mengharumkan nama Universitas Jambi,” jelas Devi.

Romi Kurniadi, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembina menjelaskan tujuan dari penulisan esai yang dilakukan mahasiswanya sehingga meraih juara 3 nasional.
“Literasi yang baik menjadi kebutuhan vital saat ini. Kemampuan menganalisis permasalahan yang terjadi di sekitar, mencoba memberikan ide untuk menyelesaikan masalah melalui pengkajian berbagai referensi menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebagai seorang akademisi. Untuk mendukung ketercapaian kompetensi tersebut, kami mendorong mahasiswa untuk mengikuti kegiatan termasuk perlombaan yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan literasi,” ungkap Romi.

Dimas Anugrah Adiyadmo HUMAS