Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa FISIP Unpad Juarai Kompetisi Esai “Indonesia-Korea Youth Ideas Competition 2023”

Mahasiswa FISIP Unpad Juarai Kompetisi Esai “Indonesia-Korea Youth Ideas Competition 2023”

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran meraih juara II pada ajang kompetisi esai dalam “Indonesia-Korea Youth Ideas Competition 2023” yang diselenggarakan oleh Korea Foundation dan FISIP Universitas Indonesia, Kamis (11/05/2023).

“Kita menulis esai tentang bagaimana Indonesia bisa seperti Korea dalam pandangan anak muda dan apa saja yang bisa dipelajari oleh Indonesia dari kesuksesan pop culture-nya Korea,” jelas Salma saat diwawancarai oleh tim Kanal Media Unpad.

Proses registrasi pada kompetisi esai tersebut diselenggarakan pada 15 April – 5 Mei 2023. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman peserta yang lolos ke final round pada 9 Mei dan selanjutnya dilaksanakan awarding day untuk mengumumkan pemenang lomba essai pada 11 Mei 2023.

Selama mempersiapkan esai untuk ajang lomba ini, Salma dan Zefanya mengatakan tidak berekspektasi akan meraih juara II. Terlebih karena topik yang diangkat pada ajang lomba esai tersebut di luar dari program studi yang mereka berdua ampu.

“Puji Tuhan menang juara II. Ini juga pertama kali aku ikut lomba essai dan challenging juga karena harus pakai bahasa Inggris,” kata Zefanya.

Pada kesempatan ini, Salma menyampaikan bahwa makna berprestasi baginya adalah ajang untuk pengembangan diri secara intelektual, emosional, dan juga secara spiritual. Salma juga berharap mahasiswa tertarik untuk mengembangkan diri melalui ikut serta kegiatan lomba-lomba yang ada.

“Lomba ini sesuatu yang wajib dicoba minimal sekali ketika menjadi mahasiswa,” kata Salma.

Tidak hanya itu, Zefanya juga menyampaikan harapannya agar mahasiswa berani untuk mencoba hal-hal baru serta dapat mengembangkan diri di luar kegiatan perkuliahan seperti organisasi atau program internship.

“Kita berharap teman-teman, khususnya di Prodi kita, semakin banyak yang berani untuk mencoba daftar lomba, organisasi, atau internship agar dapat eksplorasi hal lain di luar kegiatan akademik di kelas,” ujar Zefanya. (art)*