Senin, 13 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dosen FIK Unimed Lakukan Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Sport Development Index Kelompok Kerja Kepada Guru PJOK

Dosen FIK Unimed Lakukan Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Sport Development Index Kelompok Kerja Kepada Guru PJOK

Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan melibatkan Mahasiswa Prodi S2 Ilmu Keolahragaan Pps Unimed melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SD Negeri 105283 kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang pada hari Rabu 09 Agustus 2023. Tim Dosen yang melaksanakan kegiatan PKM diketuai oleh Dr. Dewi Endriani, M.Pd., Serta anggota pengabdi Prof. Dr. Syamsul Gultom, M. Kes, Dr. Rahma Dewi, M.Pd., Dr. Amir Supriadi, M.Pd dan Dr. Andarias Ginting, M.Or.

Program Kemitraan Masyarakat yang dilakukan pada kali ini adalah pada bidang Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Sport Development Index Kelompok Kerja Guru PJOK.

Dewi Endriani selaku ketua pelaksana program kemitraan Masyarakat menyampaikan Pembangunan olahraga di Indonesia khususnya di Kabupaten Deli Serdang dapat dilihat melalui 4 aspek yang terkandung dalam Sport Development Index (SDI) yaitu (1) Ruang Terbuka, (2) Sumber Daya Manusia, (3) Partisipasi Olahraga, dan (4) Kebugaran Olahraga. Keempat aspek ini akan membantu menilai bagaimana pembangunan olahraga di Kecamatan Hamparan Perak.

Indikator ruang terbuka merupakan salah satu indikator yang menjadi pilar dalam sebuah pembangunan olahraga. Kab Deli Serdang yang memiliki wilayah yang cukup luas tentunya harus memiliki ruang terbuka sebagai prasarana untuk masyarakat melaksanakan olahraga. Indikator selanjutnya yaitu sumber daya manusia sebagai penunjang pembangunan olahraga. Sumber daya manusia yang berkompetensi dalam dunia olahraga memang sangat penting dalam pembangunan olahraga.(Humas Unimed)