Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PELAKSANAAN P5 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2023/2024

PELAKSANAAN P5 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah, SMAN 1 Godean melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan diikuti siswa kelas X dengan sistem blok dari tanggal 2 Oktober sampai dengan 18 Oktober 2023. Projek mengambil tema Kearifan Lokal dengan topik Festival Lokal.

Sesuai dengan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dikeluarkan oleh BSKAP Kemendikbudristek, sekolah akan melakukan enam langkah pelaksanaan P5. Enam langkah tersebut adalah: memahami P5, menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain P5, mengelola P5, mendokumentasikan dan melaporkan hasil P5, serta evaluasi dan tindak lanjut P5. 

Untuk mendesain pelaksanaan P5, sekolah telah melakukan serangkaian kegiatan persiapan. Langkah awal adalah pembentukan tim fasilitator dalam bentuk SK Kepala Sekolah. Selanjutnya Tim melakukan rapat untuk memilih tema, dimensi, dan tujuan pembelajaran dilanjutkan menyusun modul P5. Untuk kelancaran pelaksanaan P5, Tim Fasilitator juga menyusun alokasi waktu, alur aktivitas, dan asesmen. Dengan perencanaan yang baik diharapkan P5 pada semester ganjil tahun 2023/2024 dapat terlaksana dengan lncar. (suharyadi)