Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

UNJA Raih Certificate of Compliance dari UI GreenMetric, Wujud Komitmen Ciptakan Green Kampus

UNJA Raih Certificate of Compliance dari UI GreenMetric, Wujud Komitmen Ciptakan Green Kampus

Mendalo- UI GreenMetric merupakan inovasi Universitas Indonesia (UI) yang telah dikenal luas di dunia Internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Melalui 39 indikator dalam 6 kriteria, UI GreenMetric menentukan peringkat berdasarkan komitmen dan inisiatif lingkungan Universitas. Keenam kriteria itu adalah penataan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi, pendidikan dan penelitian.

Demi mendukung keberlangsungan lingkungan dan menunjukkan komitmen pada pengelolaan lingkungan hidup kampus, Rektor Universitas Jambi (UNJA), Prof. Drs. H.Sutrisno, M.Sc.,Ph.D membentuk Unit Pengelola UI GreenMetric Universitas Jambi pada setiap tahunnya dimulai dari tahun 2022. Pada tahun 2022, Universitas Jambi menempati rangking ke-72 dari 126 peserta dari Universitas di Indonesia.

Ketua Pengelola Unit UI GreenMetric Universitas Jambi, Ir. Freddy Ilfan, S.T. M.T. mengatakan tahun 2022 Tim UI GreenMetric Universitas Jambi (UNJA) sudah melakukan sosialisasi kepada fakultas dan lembaga yang ada UNJA mengenai UI GreenMetric UNJA pada 28 November 2022 dan pada tahun 2023 tim UI GreenMetric UNJA juga sudah melakukan sosialisasi Green campus dan pengisian kuisioner UI GreenMetric pada beberapa fakultas yang ada di UNJA. Dari beberapa pertemuan itu, para pimpinan fakultas sudah mengetahui dan telah mengimplementasikan beberapa konsep green campus.

“Universitas Jambi juga telah mendapatkan Certificate of Compliance dari UI GreenMetric tertanggal 27 Oktober 2023 yang diserahkan oleh Prof. Riri Fitri Sari sebagai Chairperson of UI GreenMetric kepada Universitas Jambi yang diwakili oleh Prof. Dr. Kamid, M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi. Sertifikat itu menandakan bahwa Universitas Jambi (UNJA) sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memenuhi enam kriteria UI GreenMetric World University Rankings dalam program keberlanjutan pada tahun 2023,”kata Freddy Ilfan.

Freddy Ilfan juga mengatakan sebelum batas akhir pengumpulan kuisioner dan indikator UI GreenMetric pada 31 Oktober 2023, diharapkan fakultas sudah melakukan pengisian dan melampirkan bukti pendukung melalui link yang telah diberikan dalam surat dari Rektor Universitas Jambi.

“Ke depannya diharapkan Universitas dan masing-masing fakultas sudah melaksanakan pengelolaan green kampus yang lebih baik lagi, terutama dalam pengelolaan limbah padat,” ujarnya.

Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Prof. Dr. Kamid, M.Si mengatakan UI GreenMetric UNJA mempunyai Komitmen untuk mewujudkan green campus.

“Alhamdulillah UNJA punya komitmen yang kuat untuk mewujudkan green campus dengan pengelolaan lingkungan yang baik dan benar,”tutup Prof. Kamid.

Silvia Yuliansari Asril / Welsa / HUMAS