Senin, 06 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

BIMBINGAN KARIR GUNA MENEMBUS DUNIA KERJA

BIMBINGAN KARIR GUNA MENEMBUS DUNIA KERJA

Rangkaian terakhir kegiatan BKK bersama Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek telah diadakan pada hari Senin tanggal 27 November 2023 bertempat di Aula SMKN 2 Trenggalek. Workshop dengan tajuk Bimbingan Karir – Persiapan Memasuki Dunia Kerja di Era 4.0. Materi tentu saja masih disampaikan oleh Bapak Yannear Al Reza, S.Sos.

100 peserta yang merupakan siswa tingkat akhir SMKN 2 Trenggalek mengikuti kegiatan dengan penuh tanya, materi apa yang akan mereka dapatkan kali ini. Setelah beberapa hari sebelumnya mereka diminta mengirimkan daftar riwayat hidup (CV) dengan format dan konsep bebas tergantung kreativitas masing-masing. 4 CV terbaik dan paling menarik mendapat apresiasi dari Pak Reza. Karena menurut penuturan beliau, “Tim HRD atau recruiter hanya perlu waktu 6 detik untuk memeriksa CV anda.”. Jadi, CV dengan desain sederhana, menarik, dan kalimat yang meyakinkan tentu saja membuat CV mudah dilirik.

Usai mendapatkan pemaparan materi, peserta workshop dihadapakan dengan beberapa jenis psikotes yang paling sering muncul dalam seleksi kerja. Tes Wartegg dan Kraepelin merupakan dua di antaranya. Tes Wartegg merupakan salah satu tes yang sering digunakan di dunia kerja bertujuan untuk mengungkapkan karakter, minat, bakat, imajinasi, intelektual, dan aspek lain dari emosi seseorang. Sedangkan Tes Kraepelin atau lebih sering disebut tes koran merupakan psikotes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan dasar seseorang dalam menghitung secara cepat, konsentrasi, ketahanan kerja (konsistensi), dan ketelitian. Kedua tes tersebut biasa digunakan perusahaan untuk menyeleksi calon pekerja mereka.

Sebagai penutup acara, dibukalah sesi tanya jawab. Peserta masih cukup antusias meski telah berhadapan dengan tes yang lumayan memusingkan. “Bimbingan Karir terutama bagi siswa SMK sekarang ini sangatlah dibutuhkan guna memilah pekerjaan serta mendayagunakan potensi seseorang, sehingga dapat memaksimalkan lulusan SMK yang siap kerja”, ujar salah satu siswa peserta workshop.

Pada dasarnya bimbingan karir adalah suatu proses pembekalan ilmu baik materi atau praktek agar memiliki kesiapan di dunia kerja nantinya. Namun jangan lupa pula untuk terus meningkatkan kompetensi diri masing-masing.

Sampai jumpa di kegiatan BKK selanjutya.