Senin, 13 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Go Fast, Go Faster!

Go Fast, Go Faster!
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (Fast) UAD Imam Azhari, S.Si., M.Cs. (kiri) saat menyapa mahasiswa baru pada Program Pengenalan Kampus (P2K) UAD (Foto: Humas UAD)

Hari ketiga dalam Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tingkat fakultas, seluruh kegiatan diadakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan YouTube UAD. Imam Azhari, S.Si., M.Cs., selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (Fast) menyampaikan ucapan selamat datang kepada saintis muda, sambil menyerukan taglineGo Fast, Go Faster!”. Menurutnya, bidang sains dasar matematika, biologi, dan fisika termasuk bidang komputer yang menjadi ilmu dasar sumber ketakutan.

“Kalau mendengar matematika atau fisika, kesannya selalu berat padahal pondasi kemajuan teknologi ditopang oleh kemampuan pengembangan atau penguasaan ilmu dasar ini,” ujarnya. Di bidang kajian fakultas tidak ingin hanya fokus pada kajian ilmu dasar, tetapi kita akan kembangkan pondasi ilmu dasar menjadi suatu karya teknologi maju.”

Walaupun ilmu masih dasar, kita bisa mengimplementasikan baik di bidang terapan, termasuk kesehatan juga bisa ikut berpartisipasi. Bidang sains tidak hanya bicara tentang rumus, tetapi harus naik tingkat, yaitu penguasaan di bidang sains berwujud karya teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu Dr. Agung Budiantoro, S.Si., M.Si. menyampaikan materi terkait peranan fakultas di dalam mendung mahasiswa untuk mencapai keinginan atau cita-cita. “Fast akan memberikan akademik atmosfer, semacam situasi akademik untuk mendukung apa yang diinginkan mahasiswa.”

Lebih lanjut ia menambahkan ada 10 usaha yang dilakukan untuk mahasiswa, dan 6 faktor yang bisa menjadikan mahasiswa sukses. Enam faktor yang dimaksud meliputi fokus, terarah, terdidik, terlibat, terhubung, dan bernilai memiliki nilai jual selama kuliah di Fast UAD.

Salah satu untuk meraihnya yakni dengan berorganisasi. Jangan hanya kuliah-pulang karena di UAD banyak sekali organisasi, UKM, maupun komunitas. Itu adalah wadah untuk mengembangkan sayap. Keberadaan organisasi intra ataupun ekstra di Fast turut mendukung untuk membentuk karakter mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. (Amb)