Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UIN STS Jambi Hadiri Rapat Tahunan Aptais dan Nonton Bareng Pimpinan PTKIS

Rektor UIN STS Jambi Hadiri Rapat Tahunan Aptais dan Nonton Bareng Pimpinan PTKIS

 

Humas UIN SUTHA–Bertempat di GTC-Sutha Inn, Kampus I UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi yang berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim, Telanaipura, telah berlangsung rapat tahunan APTAIS (Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta), acara tersebut dihadiri langsung Rektor UIN STS Jambi selaku Koordinator Kopertais Wilayah XIII Jambi, Prof. Dr. As’ad., M.Pd.

Mengawali rangkaian Acara Rapat Pengurus APTAIS (Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta) tersebut, Sekretaris Kopertais Wilayah XIII Jambi selaku Sekretaris Pembina APTAIS, Dr. H. Jamrizal., M.Pd, secara gamblang memaparkan bahwa saat ini Kopertais Wilayah XIII Jambi merasa terbantu dengan adanya APTAIS.

Hal ini, kata dia, bisa dirasakan di saat PTKIS dipacu oleh banyaknya regulasi, peraturan, ketentuan terbaru sebagai penyeimbang dari kemajuan sains dan teknologi. Ditambah dengan gencarnya geliat terjadinya proses transformasi digital, tata kelola yang modern, sumber daya manusia yang harus berkualitas, dan akademik yang berbasis kinerja pencapaian unggul.

Selanjutnya dalam agenda rapat tersebut Ketua APTAIS periode 2019-2023, Dr. Sholihin, M.Ag., menyampaikan bahwa APTAIS telah berupaya seoptimal mungkin untuk melaksanakan sejumlah kegiatan yang telah diprogramkan, dan disinyalir semua kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam membangun semangat berkinerja dan menjadi wadah terbaik dalam bertukar informasi dan sharing pendapat dalam pengembangan PTKIS. Apalagi di saat gencar-gencarnya terjadinya perubahan dan tranformasi di berbagai elemen kerja perguruan tinggi saat ini, telah membuat semua selaku pimpinan PTKIS dilanda rasa resah dan gelisah untuk memacu kemajuan tersebut.

“Namun dengan adanya APTAIS ini kita merasa terbantu dengan sejumlah pencerahan yang terbangun. Agar semangat kebersamaan dalam APTAIS ini tetap terjamin marwahnya maka kami sangat mengharapkan kepemimpinan dan kepengurusan APTAIS ini haruslah dilakukan secara regenerasi dan melahirkan program kerja yang berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu Pengurus Kopertais Wilayah XIII Jambi yang hadir secara lengkap, Koordinator Prof. Dr. As’ad, M.Pd, Wakil Koordinator Dr. Muhammad Taridi., M.Pd, Sekretaris Dr. H. Jamrizal., M.Pd, dan 2 orang staf administrasi Erna Yunita dan Arvandi yang ikut aktif mengikuti jalannya rapat tersebut berharap kepada pengurus APTAIS yang akan dipilih adalah betul-betul mendapatkan kepengurusan yang berkualitas dan baik.

Sebelum acara rapat pemilihan Pengurus APTAIS ini, pengurus Kopertais Wilayah XIII Jambi, bersama 18 Orang Rektor/Ketua PTKIS selaku anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta melakukan buka puasa bersama di Rumah Makan Cahaya Minang, dilanjutkan Sholat Magrib, Sholat Isya’ dan Sholat Tarawih berjamaah di Masjid Al–Jami’ah Kampus I UIN STS Jambi Telanaipura. Untuk menjalin keakraban, Rektor UIN STS Jambi juga mengajak para pimpinan PTKIS nonton bareng pertandingan sepakbola.

Di akhir rangkaian acara tersebut, Rektor UIN STS Jambi selaku Koordinator Kopertais Wilayah XIII Jambi yang juga sebagai Pembina APTAIS, Prof. Dr. As’ad., M.Pd, berharap kepada Pengurus APTAIS Priode 2024–2028 yang yang telah terpilih dan terbentuk, agar betul betul bisa memahami bahwa Kondisi pencapai PTKIS yang bermutu, Unggul, bagi eksistensi sebuah Lembaga Perguruan Tinggi Islam, merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, melainkan harus segera dikerjakan dengan sejumlah tim yang solid dan berwawasan ke depan serta mempelajari strategi dan banyak berinovasi bagaimana cara meningkatkan mutu Kampus menjadi unggul, diantaranya adalah memperhatikan kualitas kurikulum pendidikan yang dijalankan, mengoptimalkan sarana dan prasarana pendidikan, membangun sistem tata Kelola kampus yang modern, optimalisasi berbasis digital, meningkatkan kualitas SDM (berupaya untuk mengikuti workshop, meningkatkan pencapaian tri dharma, dan melakukan berbagai kolaborasi kerja tim yang solid serta melakukan kerjasama PTKI lainnya. (*)