Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Peringati Nuzulul Quran, Baznas Banten dan UPZ Untirta Serukan untuk Berzakat

Peringati Nuzulul Quran, Baznas Banten dan UPZ Untirta Serukan untuk Berzakat

SERANG-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Untirta 1445 Hijriyah bertema ‘Berbagi Kebajikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriyah’ yang dilaksanakan di kampus Untirta, Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Rabu, 27 Maret 2024. Kegiatan ini diisi oleh Penyerahan SK Pengurus dan Penasihat Baznas Provinsi Banten, Penyerahan simbolis bantuan Dharmawanita Untirta ke Warga sekitar, penyerahan simbolis bantuan Baznas Provinsi Banten ke Untirta dan tausiyah. Hadir dalam kegiatan ini Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Ketua Baznas Provinsi Banten Prof. Dr. H. E. Syibli Syarjaya, L.M.L., M.M.

Prof. Fatah dalam sambutannya mengatakan, sebagai perwujudan rasa syukur sebagai umat muslim dalam rangka memperingati Nuzulul Quran di bulan Ramadan kali ini.

“Mudah-mudahan kehadiran kita semua ini dicatat sebagai amal baik bagi kita semua,” ujarnya.

Prof. Syibli mengungkapkan, lembaga baznas satistaunya lembaga yang bisa mengurus persoalan zakat. Kemudian karena baznas ini terbatas maka di pasal 30 Baznas dapat membentuk UPZ sesuai dengan tingkatannya, termasuk dalam tingkat perguruan tinggi.

“Lembaga-lembaga negara wajib membentuk UPZ Sesuai dengan Impres memiliki tugas sosialisasi, literasi zakat, mengumpulkan zakat dan harus menyusun rencana anggaran (RTAT),” ujarnya.

Ia menyarankan kepada pihak kampus
kepada pengurus UPZ Untirta untuk memberikan literasi zakat di kampus karena pemerintah, majelis ulama dan fiqih selalu mengingatkan terkait dengan apabila seseorang sudah berpenghasilan 80 gram emas maka dia wajib mengeluarkan zakat.(HI/TMA/AAP)