Selasa, 30 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Guru SMK Negeri 11 Semarang Lolos Beasiswa Microcredential CS50X Indonesia – Harvard University “Digital Skill For Teachers”

Guru SMK Negeri 11 Semarang Lolos Beasiswa Microcredential CS50X Indonesia – Harvard University “Digital Skill For Teachers”

Program beasiswa microcredential program CS50x Indonesia – Harvard University, Digital Skill bagi guru merupakan Program kerjasama antara Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek dengan Harvard University dengan dukungan LPDP dalam pemberdayaan digital skill bagi guru untuk mengikuti kelas daring CS50x dari Harvard University. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengajar Informatika bagi Guru yang berkualifikasi untuk mengampu mata pelajaran Informatika. Selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan prinsip komputer sains pada berbagai bidang permasalahan. Namun program ini tidak hanya ditujukan untuk guru informatika saja tapi dapat diikuti oleh guru seluruh mata pelajaran baik dengan latar belakang computer science maupun tidak.

Program ini diikuti oleh guru SMP dari Dikdas dan guru SMA-SMK dari Dikmen. Dari Dikdas diikuti sejumlah 132 peserta dan dari Dikmen sejumlah 140 peserta sehingga total 272 peserta. Peserta adalah hasil seleksi yang dilakukan pada bulan Agustus 2023 hingga Oktober 2023 dengan tahapan seleksi administrasi, portofolio dan interview.

Program ini dilakukan dengan cara synchronous dan juga asynchronous. Kegiatan asynchronous menggunakan aplikasi digital, diantaranya LMS (Learning Management System) dari CS50 untuk penyampaian materi, problem set, dan final project. Selain LMS juga menggunakan Ed Discussion untuk forum diskusi baik antar peserta maupun dengan teacher fellow. Visual Studio Code dengan library CS50 digunakan untuk pengerjaan tugas coding. Gradescope digunakan untuk pengumpulan dan penilaian tugas atau problem set. Materi secara tatap muka online yang disebut section bersama Teacher Fellow dari CS50 menggunakan zoom meet. Selain itu dalam pendampingan penyelesaian tugas dilakukan pada office hour atau OH bersama Teacher Fellow. Kegiatan synchronous yaitu berupa lokakarya dengan pemateri dari Harvard University yaitu Professor David J. Malan dan tim.

CS50x adalah kegiatan pengenalan Universitas Harvard terhadap kekayaan intelektual ilmu komputer dan seni pemrograman, baik untuk konsentrator maupun non-konsentrator. CS50x ini dapat diikuti oleh siapa saja baik yang sudah memiliki latar belakang pengalaman pemrograman maupun tanpa pengalaman pemrograman sebelumnya. Pelatihan ini memberikan pembelajaran dengan cara memecahkan masalah, baik dengan kode maupun tanpa kode, dengan penekanan terhadap kebenaran solusi dan originalitas, desain, dan gaya.

Materi yang diberikan yaitu tentang pemikiran secara komputasi, abstraksi, algoritma, struktur data, dan ilmu komputer secara lebih umum. Kumpulan masalah atau problem set diambil dari berbagai bidang diantaranya seni, humaniora, ilmu sosial, dan sains. Pelatihan ini mengajarkan cara memprogram secara mendasar dan cara belajar bahasa baru secara mandiri.

Pelatihan dilaksanakan dengan pembagian per minggu atau week dimana minggu pertama atau di sebut week 0 dimulai dengan belajar scratch. Week 1 mempelajari tentang materi bahasa tradisional yang disebut C yang mendasari bahasa-bahasa yang lebih modern. Week 2 dilanjutkan dengan materi arrays. Week 3 tenang Algorithms, yaitu mempelajari konsep Searching yaitu Linear Search, Binary Search. Sorting data yaitu Bubble Sort, Selection Sort, Merge Sort. Week 4 Memory, yaitu tentang Pointers, Segmentation Faults, Dynamic Memory Allocation, Stack, Heap, Buffer Overflow, File I/O, Images. Week 5 Data Structures, belajar tentang Abstract Data Types, Queues, Stacks, Linked Lists, Trees, Binary Search Trees, Hash Tables, Tries. Dalam bahasa ini mempelajari tentang fungsi, variabel, kondisional, loop, dan lainnya. Kemudian materi beralih ke Python pada week 6, yang merupakan bahasa tingkat lebih tinggi dari C.

Menjelang akhir masa pelatihan, peserta diperkenalkan dengan database yaitu SQL pada week 7. Dilanjutkan dengan HTML, CSS, dan JavaScript pada week 8. Week 9 belajar tentang Flask dan Jinja untuk membuat aplikasi web atau seluler. Pelatihan diakhiri dengan pembuatan proyek akhir. Sebagai materi tambahan pada week 10 terdapat materi Artificial Intelligence dan Cybersecurity pada week 11. Di akhir program dilaksanakan lokakarya bagi peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian 5 bulan pelatihan. Lokakarya dilaksanakan di Jakarta Selatan tepatnya pada Jakarta Intercultural School (JIS) dan Hotel Kristal di Jl. Terogong Raya, Cilandak Barat., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada tanggal 6 s.d. 10 Maret 2024.