Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Fakultas Pertanian Unram Kembali Luluskan 19 Orang Fasilitator Pertanian Organik

Fakultas Pertanian Unram Kembali Luluskan 19 Orang Fasilitator Pertanian Organik

Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) melalui Fakultas Pertanian menjalin kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik (LSPO) Jakarta pada Jumat, 27 Juni 2022 lalu. Dalam kegiatan kerjasama ini kembali dilaksanakan Uji Kompetensi Sertifikasi Fasilitator Pertanian Organik kepada 19 orang peserta dari berbagai kalangan seperti dosen, guru, penyuluh pertanian, konsultan internasional, mahasiswa dan alumni.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mataram, Ir. Sudirman, M.Sc., Ph.D., turut hadir juga Layli selaku perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO) Jakarta, Prof. Ir. M. Sarjan, M.Ag.CP., Ph.D. selaku Kepala TUK Fakultas Pertanian Unram, dan Ketua Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) Provinsi NTB.
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Pertanian menyambut baik kerjasama ini dan mengapresiasi kinerja TUK Fakultas Pertanian Unram yang sampai saat ini telah melaksanakan sebanyak 4 kali uji kompetensi untuk Skema Fasilitator Pertanian Organik, dan akan mendukung peningkatan jumlah asesor kompetensi di Fakultas Pertanian. Ir. Sudirman juga menekankan bahwa pentingnya peningkatan keterampilan dan minat generasi muda untuk terjun di bidang pertanian, khususnya pertanian organik.

Kepala TUK Fakultas Pertanian Unram Prof. Ir. M. Sarjan, M.Ag.CP., Ph.D., menyampaikan bahwa TUK Fakultas Pertanian akan selalu menjadi wadah untuk peningkatan keterampilan dan kompetensi SDM Pertanian Organik di Provinsi NTB. TUK Fakultas Pertanian Unram juga berkomitmen untuk terus membangun Kerjasama, baik di tingkat daerah maupun pusat demi kemajuan pertanian organik.
“kita juga akan merencanakan kegiatan serupa di Pulau Sumbawa bekerja sama dengan UTS, Setelah bertemu dengan Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS)” ungkap Prof. Sarjan.
“Hal ini sebagai bagian dari langkah awal Fakultas Pertanian serta MAPORINA Provinsi NTB mensosialisasikan dan memperluas pengembangan Pertanian Organik di Provinsi NTB,” kata Prof. Sarjan.

Pelaksanaan uji kompetensi sertifikasi pertanian organik di TUK Fakultas Pertanian Unram berjalan dengan lancar dengan asesor yang bertugas sebanyak 2 orang, yaitu Muhammad Nursan, S.P., M.Si dan Pande Komang Suparyana, S.TP., M.Agb. Dari hasil asesmen yang dilakukan oleh kedua asesor diputuskan bahwa seluruh asesi dinyatakan kompeten sebagai fasilitator bidang pertanian organik tanaman.