Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

MOGD 2022 Day 2; Ciri Pramuka Milenial Adalah Berpikir Maju

MOGD 2022 Day 2; Ciri Pramuka Milenial Adalah Berpikir Maju

Penyampaian materi Pramuka di Era Milenial. Masa Orientasi Gugus Depan (MOGD) memasuki hari kedua. Jum’at 26/08/2022, para peserta semakin antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan dengan adanya berbagai lomba yang menuntut kekompakan kelompok. Berbeda dengan saat pembukaan MOGD, kegiatan hari ini (Jum’at 06/08/2022) diawali dengan check in peserta di ruang Student’s Center (SC).

Dipandu oleh para panitia yang setia mendampingi, para peserta bersiap menyimak paparan materi dari Drs. Ambyah Syahla, sekretaris Kwarcab Tulungagung yang akrab disapa Kak Ambyah Syahla. Beliau menyampaikan materi berjudul Pramuka Di Era Milenial. Pramuka di era milenial hendaknya bersyukur karena luasnya kesematan untuk mengembangkan bakat. Di Akhir paparannya, Kak Ambyah menyampaikan bahwa ciri anak milenial adalah berpikir maju. Keikutsertaan dalam MOGD merupakan satu bukti bahwa peserta Pramuka MAN 1 Tulungagung berpikir maju.

Setelah penyampaian materi MOGD mengikuti serangkaian kegiatan perlombaan, diantaranya lomba pionering. Pionering aalah salah satu teknik Pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek. Seperti bangunan kreatif, tandu, menara panddang kaki tiga, menara segitia terbalik, menara kaki empat, dan alat-alat lainnya. Dalam lomba pionering ini peserta diharapkan akan memiliki karakter kreatif, inovatif, dan dinamis. 

Kreasi dan ekspresi peserta yang dikemas dalam pentas seni dilaksanakan oleh masing-masing kelas dengan urasi 7 menit ini yang bertema “Kepramukaan” sangat antusias diikuti seluruh peserta. Mulai dari tari, bernyanyi, pidato, drama, dan dance semaphore, disajikan secara profesional dan penuh kreasi dan inovasu. Selain itu, kegiatan ini juga digunakan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa Pramuka MAN 1 Tulungagung memiliki seguddang bakat.