Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Kapabilitas, Unpad dan University Le Havre Teken MoU

Tingkatkan Kapabilitas, Unpad dan University Le Havre Teken MoU

Laporan oleh Sulthan Adam Wizarddinan Hariono

[Kanal Media ] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan University Le Havre (ULH), Normandie, Perancis. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unpad dengan ULH di Ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (26/5/2023).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes, PhD., dengan First Vice-President in charge of Sustainable Development, International Affairs and Culture Professor Jean-Noël Castorio.

Dalam acara penandatanganan tersebut, hadir Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Mohammad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D., Kepala Kantor Internasional Ronny, dr. M. Kes, AIFO, Ph.D., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, M.T., MSi., dan Kepala Kantor Unit Internasionalisasi FISIP Dr. Savitri Aditiany, S.S., M.Pd.,

Prof. Arief mengatakan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas Unpad dalam mengembangkan kualitas akademik dan terus dikembangkan ke berbagai bidang. Hal yang sama juga disampaikan oleh Prof. Jean. Ia mengungkapkan kerja sama ini diharapkan melahirkan mahasiswa yang berdaya saing global.

Pada kesempatan yang sama sebelum resmi menandatangi MoU, Unpad dan ULH membuka diskusi terkait kerja sama yang akan dilakukan ke depannya.

Dokumen MoU yang ditandatangani oleh kedua universitas ini dilandasi oleh keinginan bersama dalam mengembangkan mobilitas dan penelitian. Potensi kerja sama mobilitas yang direncanakan antara lain pengembangan riset dan penilitian, penyelenggaran pendidikan double degree, online summer school, serta pertukaran mahasiswa maupun dosen untuk belajar bersama, baik dari sisi akademik tetapi juga kebudayaan.

Sementara itu, Dekan FISIP Unpad turut mengapresiasi jalinan kerja sama yang terbangun antara kedua universitas ini. Widya menambahkan bahwa aktivitas kerja sama yang akan dilakukan antara Unpad dengan ULH meliputi penelitian dan publikasi naskah ilmiah bersama, kuliah tamu, hingga kolaborasi dan partisipasi dalam kegiatan seperti konferensi, workshop, dan simposium. (arm)*