Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

UMSU Pengajian Rutin Ramadan 1445 H

UMSU Pengajian Rutin Ramadan 1445 H

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili BPH Dalail Ahmad, M.A. membuka langsung pengajian rutin Ramadan 1445 Hijriyah, pada Senin (18/3) di Masjid Taqwa UMSU Jalan Muchtar Basri No. 3 Medan.

Pengajian dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan ramadan, menghadirkan pemateri berkompeten dari Muhammadiyah untuk memberikan ceramah dan kajian singkat.

Pada Minggu pertama, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara, Prof. Dr. H. Hasyimsyah Nasution, MA hadir sebagai penceramah dengan tema “Spiritualitas di Era Disptrupsi’’.

Dihadiri oleh jajaran Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas, Dosen, sivitas akademika hingga mahasiswa UMSU.

Dalail Ahmad, membuka pengajian ramadan dengan basmalah. Pada sambutannya, dia mengatakan bahwa bulan ramadan merupakan awal perjuangan sehingga berbagai cobaan pasti akan dihadapi.

“Mari-mari sama-sama kita berdoa, selain menekuni kajian-kajian keagamaan agar puasa kita dapat berjalan lancer dan berkah,” ujar Dalail.

Kemudian, pengajian dilanjutkan dengan ceramah singkat dari Prof. Hasyimsyah, dia menyampaikan bahwa spiritualitas di era distrupsi itu maknanya sangat luas, Spritualitas dapat dimaknai sebagai ruh atau jiwa sedangkan distrupsi adalah perubahan yang besar.

“Jadi kalau ada orang puasa tapi ilmunya tak tambah berarti dia gagal dalam satu hal, mungkin takwanya berhasil tapi ilmunya tak takwa,” ujar Prof. Hasyimsyah.

Dia juga mengajak para hadirin untuk terus menerus membina kepribadian karena tidak ada yang bisa mengklaim dirinya sebagai orang baik, tapi yang bisa dilakukan manusia adalah menjadi lebih baik.

Pengajian rutin ramadan ini ditutup dengan sesi tanya jawab.