Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Prodi Psikologi FKIK ULM Terpilih Sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Banjarbaru tahun 2024

Mahasiswa Prodi Psikologi FKIK ULM Terpilih Sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Banjarbaru tahun 2024

Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali torehkan prestasi. Muhammad Osmar Zaidan Al Wafi dan Adira Alisyaban Zamluni yang keduanya merupakan mahasiswa Psikologi ULM angkatan 2023 menjadi pasangan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Banjarbaru tahun 2024.

Dengan diberi kesempatan menyampaikan orasi untuk semua finalis pada malam grand final (23/2/2024), Zaidan mengangkat kasus bullying sebagai topiknya.

Menurutnya, bullying merupakan permasalahan genting yang mampu menghambat bonus demografi. Maraknya kasus ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat serta sistem yang baik untuk penanganan dan pencegahan bullying.

Zaidan menyuarakan pentingnya peran pemuda dalam pemberantasan bullying. “Pemuda Indonesia harus berani mendukung korban, dan secara vokal bersatu dalam mengeradikasi bullying,” ucapnya.

Adira yang kini menjadi Duta GenRe Putri Kota Banjarbaru tahun 2024, pada malam itu menyuarakan tentang soal keperempuanan terutama pelecehan seksual. Ia menyampaikan bahwa menurutnya substansi GenRe dan perihal Triad KRR sangat erat kaitannya dengan perempuan. Diantaranya seks pranikah, pernikahan dini, bahkan stunting memiliki ketergantungan besar dengan perempuan.

Dengan dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarbaru yakni Muhammad Aditya Mufti Ariffin, ajang Duta GenRe yang merupakan pertama kali di Banjarbaru diharapkan selain menjadi figur teladan, dapat juga sebagai motivasi serta penyebaran wawasan bagi remaja Banjarbaru.

Hal ini juga merupakan sebuah kebanggaan bagi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat karena tak hanya Zaidan dan Adira sebagai mahasiswa fakultasnya yang berhasil meraih title pada ajang ini. Melainkan Raditya Ghaitsa A. G (Kesehatan Masyarakat) bersama Siti Humairah Najwa (Psikologi) menjadi pasangan Wakil I, dan Muhammad Ikhwani Muslim (Kesehatan Masyarakat) berhasil meraih Wakil III duta GenRe Putra Kota Banjarbaru.

Raihan prestasi ini tidak lepas dari dukungan Pimpinan Fakultas dan Program Studi, Unit Pengembangan Potensi Mahasiswa dan Alumni dan Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKMA) Humanis Philia Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta seluruh Dosen Pembina dan Pendamping kegiatan.(UPKH FKIK ULM)