Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Pendaftar Bakal Calon Rektor Unpad Diminta Lengkapi Persyaratan

Pendaftar Bakal Calon Rektor Unpad Diminta Lengkapi Persyaratan

[Kanal Media Unpad] Pendaftaran Bakal Calon Rektor Universitas Padjadjaran periode 2024-2029 akan ditutup pada Sabtu (30/3/2024) mendatang. Sampai Rabu (27/3/2024), sudah ada 14 orang yang mendaftar sebagai Bakal Calon Rektor Unpad 2024.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (P3R) Unpad 2024-2029 Duta Besar Nadjib Riphat Kesoema menjelaskan, usai penutupan pendaftaran pada Sabtu mendatang, panitia akan melakukan verifikasi terhadap semua kelengkapan administrasi yang telah dipersyaratkan kepada pendaftar. Pendaftar yang lolos verifikasi selanjutnya akan diumumkan sebagai Balon Rektor Unpad.

“Tanggal 30 Maret itu kita berharap semua calon mengirimkan berkasnya secara lengkap,” kata Nadjib.

Adapun jumlah 14 pendaftar tersebut terdiri dari 12 orang dari lingkungan Unpad serta 2 dari masyarakat umum (luar Unpad). Pendaftar juga terdiri dari 12 orang laki-laki dan 2 pendaftar perempuan.

Kendati jumlah pendaftar Balon Rektor Unpad terbilang banyak, belum semua pendaftar melengkapi persyaratan yang ditentukan. Karena itu, Nadjib bersama P3R Unpad mendorong pendaftar untuk segera melengkapi persyaratan sebelum tenggat waktu pendaftaran pada 30 Maret mendatang. Komunikasi intens terus dilakukan panitia kepada pendaftar.

“Kita akan sangat sedih kalau misalnya ada pendaftar yang tidak bisa (lanjut) karena masalah kekurangan dokumen,” imbuhnya.

Lebih lanjut Anggota MWA Unpad Komite Nominasi dan Remunerasi tersebut menjelaskan, ada berbagai kekurangan kelengkapan dokumen yang ditemukan. Mulai dari pengisian daftar riwayat hidup yang belum lengkap hingga belum lengkapnya dokumen digital yang dipindai oleh pendaftar.

Panitia sendiri, kata Nadjib, akan mematuhi linimasa proses pemilihan Rektor yang sudah ditetapkan. “Kalau misalnya tanggal 30 itu ada peserta yang tidak memenuhi persyaratan, maka kemungkinan mereka-mereka akan kita drop,” ujarnya.

Nadjib sendiri mengapresiasi banyaknya jumlah pendaftar Balon Rektor Unpad. Hal ini menunjukkan antusiasme warga Unpad maupun masyarakat umum dalam menyukseskan kontestasi pemilihan Rektor Unpad.

“Pemilihan Rektor ini ‘kan kita memilih yang terbaik dari yang ada. Dengan antusiasme yang ada ini, kita berharap kita betul-betul bisa mendapatkan seorang yang terbaik dari 14 calon ini,” jelasnya.

Nadjib pun mendorong seluruh warga Unpad untuk aktif berkontribusi dalam proses pemilihan Rektor. Ke depan, panitia akan menggelar tiga rapat pleno terbuka MWA. Rapat pleno pertama diikuti oleh para anggota Senat Akademik dan Dewan Profesor Unpad untuk memberikan penilaian sebagai bahan pertimbangan MWA dalam menentuka tiga Calon Rektor.

Pada Rapat Pleno terbuka MWA yang kedua dan ketiga, Calon Rektor akan memapatkan program strategisnya di hadapan para dosen, tendik serta mahasiswa. Dosen, tendik, dan mahasiswa juga  berkesempatan berdialog dengan ketiga calon tersebut.

“Anggota MWA akan mengamati dinamika yg terjadi sebagai pertimbangan dalam menentukan rektor terpilih. Jadi kepada seluruh warga Unpad bisa berpartisipasi dalam sidang terbuka. Karena di situlah letak partisipasi aktif dan berarti dari sivitas akademika Unpad,” pungkas Nadjib.*