Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi UNNES 2024: Pilmapres Menginspirasi Generasi Muda

Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi UNNES 2024: Pilmapres Menginspirasi Generasi Muda

Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali menggelar acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2024 pada Senin, (25/3) bertempat di gedung Rektorat UNNES. Acara tahunan ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan dalam membangun negeri. Sebanyak 18 orang mahasiswa dari 9 fakultas berpartisipasi dalam rangkaian proses seleksi tersebut.

Setelah mengikuti serangkaian seleksi, bidang Kemahasiswaan kemudian menetapkan juara dalam beberapa kategori mahasiswa berprestasi UNNES 2024:

Juara Utama

Mawapres Utama 1 : Hanina Humaira – Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Mawapres Utama 2 : Natasya Pustika Siregar  – Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Mawapres Utama 3 : M. Akiyasul Azkiya – Fakultas Matematika dan IPA

Juara Harapan

Mawapres Harapan 1 : Dhifah Amaliyah – Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Mawapres Harapan 2 : Stefany Margaretha Hutauruk – Fakultas Matematika dan IPA

Mawapres Harapan 3 : Leni Septiani – Fakultas Bahasa dan Seni

Penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa yang memiliki kontribusi dalam berbagai bidang. Tegar Islami Putra dari Fakultas Hukum diakui sebagai Mahasiswa Inspiratif, sedangkan Nisrina Hasna’ Nabil dari Fakultas Teknik sebagai Mahasiswa Inovatif.

Fajar Wahyushi Fuedsi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dinobatkan sebagai Mahasiswa Berkarakter, sementara Ardhita Solehawati dari Fakultas Kedokteran meraih gelar Best Speaker of English. Tidak ketinggalan, Calvin Zefanya dari Fakultas Ilmu Keolahragaan sebagai Mahasiswa Bertalenta.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Rektor UNNES, Prof. Dr. S. Martono MSi, didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Zaenuri, M.Si., Akt. Dalam sambutannya, Prof. S. Martono menyatakan harapannya agar prestasi yang telah diraih tidak hanya terhenti di tingkat universitas, tetapi juga dapat mengukir prestasi di tingkat provinsi maupun nasional.

“Para penerima penghargaan diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan berkarya, serta memupuk semangat kerjasama dan kompetisi yang sehat di lingkungan kampus,” ujar Prof. S. Martono.

Dalam sambutannya, Hanina Humaira sebagai Mawapres Utama 1 mengucapkan rasa terima kasihnya atas pencapaian yang diraih olehnya selama ini. Ia menambahkan bahwa semua yang dicapai ini tak lepas dari bantuan dan dukungan orang tua, dosen serta para mahasiswa. 

Acara Pilmapres ini tidak hanya menjadi momentum dalam mengakui prestasi, tetapi juga untuk memotivasi mahasiswa UNNES untuk terus berkembang dan menginspirasi para generasi muda lainnya. Dengan semangat juang yang tinggi dan kerja keras, mahasiswa UNNES diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat.