Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

FK UMSU Yudisium 69 Dokter Muda Angkatan XXIX

FK UMSU Yudisium 69 Dokter Muda Angkatan XXIX

Fakultas Kedokteran (FK) UMSU menggelar yudisium dan janji sebanyak 69 dokter muda Angkatan ke-29, pada Sabtu (23/3) di Aula Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No.53, Medan.

Yudisium dipimpin oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili WR 2 Prof. Dr. Akrim, MAP didampingi Dekan FK dr. Siti Masliana Sp.THT-KL(K) dan para Wakil Dekan.

Hadir pimpinan rumah sakit jejaring, Direktur RSU Haji Medan dr. Rehulina Ginting, Wakil Direktur RS Bhayangkara Medan hingga Direktur RSUD Amri Tambunan, dr. Hanip Fahri SPkj.

Setelah diyudisium dan janji dokter muda, sebanyak 69 lulusan pendidikan kedokteran tersebut akan melaksanakan program profesi dokter atau koas. Sehingga, WR 2 UMSU Prof. Akrim berpesan kepada para lulusan dalam pelaksanaan koas dapat menjaga nama baik Universitas, Muhammadiyah, UMSU dan Fakultas Kedokteran.

“Selama ini memang ada dinamika tapi masih dalam batas wajar, secara umum pelaksanaan koas di RSU jejaring berjalan dengan baik sehingga jagalah nama baik alamamater,” pesan Prof. Akrim.

Dia mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada mahasiswa atas kerja kerasnya hingga lulus menjadi dokter muda, serta kepada orangtua yang telah mempercayakan anak-anaknya berkuliah di UMSU.

Lulusan Fakultas Kedokteran telah sukses di berbagai sektor profesi sebagai ASN, Polri, TNI bahkan yang terbaru sebagai anggota Legislatif. Selain itu, mahasiswa FK juga berprestasi tingkat Internasional seperti lulus pada ajang Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Kemudian, Direktur RSUD Amri Tambunan, dr. Hanip mengatakan, setidaknya sarjana Kedokteran UMSU memiliki 4 hal yaitu memiliki landasan ilmiah, literasi/literatur, epidepis dan etika/budi pekerti.

“Saya harapkan empat hal tersebut menjadi patokan selama pendidikan profesi dokter,” ujar dr. Hanip.

Terakhir, Dekan FK UMSU dr. Siti Masliana mengingatkan selama melaksanakan koas jangan sampai bertengkar dengan almamater lainnya, tapi dapat bekerja sama dengan baik.

“Berusalah menjadi tim yang baik di rumah sakit pendidikan,” ujar Dekan Fk UMSU.