Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Kuliah Umum Jurusan Pend. Teknik Elektro Bahas Emerging Technology : Hydrogen Fuel Cell Photovoltaic In Power System

Kuliah Umum Jurusan Pend. Teknik Elektro Bahas Emerging Technology : Hydrogen Fuel Cell Photovoltaic In Power System

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT Unimed melaksanakan kuliah umum melalui aplikasi Zoom Meeting pada (27/03). Kegiatan ini merupakan kuliah umum rutin yang dilaksanakan dengan menghadirkan pakar praktisi dan sebagai upaya memberikan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan dosen dan mahasiswa.

Kegiatan di inisiasi oleh dosen Teknik Elektro melalui Ketua Program Studi Teknik Elektro Dr. Agus Junaidi, ST., MT., IPM melibatkan mahasiswa komunitas MATRIKS (Mahasiswa Sistem Tenaga Listrik Unimed) sebagai panitia. Pada Kuliah umum dengan moderator Erita Astrid, S.T., M.S. membahas tentang “Emerging Technology: Hydrogen Fuel Cell Photovoltaic in Power System”,   menghadirkan narasumber dari Puslitbang PT. PLN (Persero)  Ir. Handrea Bernando Tambunan, S.T, M.Eng, IPM, ASEAN Eng  (Asisten Manager, Research Engineer,  Puslitbang PT. PLN (Persero) dan Ir. Denny Haryanto Sinaga, S.Pd., M.Eng. (Dosen Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan).

pada saat membuka kegiatan Dekan Fakultas Teknik diwakili WD I FT Dr. Zulkifli Matondang, M.Si. mengaatakan sangat mengapresiasi dan mendorong Jurusan Pendidikan Teknik Elektro untuk menyelenggarakan kuliah umum secara rutin sebagai sarana penguatan wawasan keilmuan  bidang ketenagalistrikan-EBT sebagai bidang yang semakin berkembang saat ini. Kita berharap Jurusan Pendidikan Teknik Elektro  dapat menjadi penggerak dalam melahirkan SDM Inovatif  yang mampu berkontribusi dalam perkembangan tren dan pasar kerja teknologi EBT di Indonesia.

Ir. Handrea Bernando Tambunan, S.T, M.Eng, IPM, ASEAN Eng  dalam materinya menjelaskan tentang Bahan bakar hidrogen (hydrogen fuel) digunakan sebagai bahan bakar tanpa emisi untuk  pembangkitan listrik bersama dengan oksigen menggunakan suatu unit yang dinamakan dengan hydrogen fuel cell. Utiliti  Hydrogen refueling station(HRS) sebagai fasilitas yang menyediakan gas hydrogen sebagai bahan bakar untuk kendaraan berbahan bakar selhidrogen seperti Fuel CellElectric Vehicle (FCEV), saat ini HRS milik PLN bertekanan hingga 350 bar.

 Pada kesempatan yang sama Ir. Denny Haryanto Sinaga, S.Pd., M.Eng. (Dosen Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan), dalam prespektif akademik mengutarakan pentingnya mahasiswa mengembangkan riset riset bidang EBT sebagai upaya dalam menjawab tantangan kebutuhan SDM bidang EBT. Saat ini Teknik Elektro FT Unimed telah mengembangkan riset pada bidang kajian Performance Analysis of Solar Photovoltaic System, Solar Panel Power Output Improvement,  Solar Photovoltaic Application for Electric Vehicle Battery Charging. Pengembangan riset bidang EBT oleh dosen teknik elektro melibatkan komunitas Mahasiswa Sistem Tenaga Listrik Unimed (MATRIKS) Unimed, Ungkapnya.

Setelah kegiatan kuliah Umum, Narasumber  melakukan kunjungan ke laboratorium konversi energi listrik dan ke kantor FT Unimed. Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Dina Ampera, M.Si. memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Elekro. Pada kesempatan yang sama Dr. Adi Sutopo, ST., M.Pd selaku ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro menyampaikan beberapa hal perihal peluang kerjasama yang dapat dilakukan antara  Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT Unimed dengan Puslitbang PT.PLN. (Persero). (Humas Unimed)