Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Persiapkan Mahasiswa ke Tingkat Nasional, Unimed Gelar NUDC Tingkat Universitas

Persiapkan Mahasiswa ke Tingkat Nasional, Unimed Gelar NUDC Tingkat Universitas

Universitas Negeri Medan (Unimed) mengadakan National University Debating Championship (NUDC) tingkat universitas  Tahun 2024 yang dilaksanakan di Ruang Sidang A Biro Rektor Kamis (28/03). Kegiatan ini merupakan persiapan tim debat mahasiswa dalam mengikuti tingkat nasional.

Kompetisi Debat Bahasa Inggris (NUDC) diikuti oleh 24 mahasiswa Peserta NUDC Unimed Tahun 2024 dari 7 Fakultas di Lingkungan Unimed yang akan dinilai oleh empat orang juri yaitu Dr. Isli Iriani Indiah Pane, S.Pd., M.Hum, Ariatna, S.S., M.A., Ph.D, Nora Ronita Dewi, S.S.,M.Hum. Hot Maringan Samosir, S.Sos., S.E., M.P.P., CPS dari Medan Debater Forum.

Kegiatan National University Debating Championship (NUDC) dibuka Wakil Rektor III UNIMED Prof. Dr. Marice, M.Hum. dan dihadiri oleh Wakil Dekan III di lingkungan Unimed, Staf Ahli Rektor Bidang Kemahasiswaan, beserta juri dan seluruh mahasiswa peserta NUDC.

Prof. Dr. Marice, M.Hum pada saat membuka kegiatan mengatakan Sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi para mahasiswa serta dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa semua untuk menunjukkan prestasi-prestasi gemilangnya tidak hanya di Unimed, tetapi nantinya akan menuju tingkat wilayah maupun nasional,”.

Kompetisi debat berbahasa inggris menjadi bagian penting dari pengembangan kompetensi mahasiswa di era global. Kegiatan ini menuntut pemahaman terhadap isu-isu terkini, kemampuan mengolah informasi, kemampuan berkomunikasi efektif dengan bahasa yang baik dan kemampuan berargumentasi. Harapan kami kepada mahasiswa bisa memberikan hasil yang maksimal sehingga nanti siapaun perwakilan dan siapapun yang menjadi juara itu adalah hasil dari kerja keras kita masing-masing.” tuturnya.

Tri Andri Hutapea, S.Si., M.Sc., sebagai Ketua Panitia pelaksana kegaiatan menyampaikan pada laporannya  Kegiatan NUDC tingkat Unimed Tahun 2024 dilaksanakan selama satu hari yaitu pada hari Kamis, 28 Maret 2024 secara offline. Sistem pelaksanaan NUDC mengikuti format debat parlemen inggris dan mengikuti panduan yang sudah ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).  Kegiatan ini akan menyeleksi dari 8 tim peserta debat hingga terpilih 1 (satu) tim NUDC UNIMED TERBAIK yang akan mengikuti lomba di tingkat wilayah, hingga tingkat nasional. Pendaftaran ke tingkat Wilayah paling lama tanggal 3 April 2024 dan Seleksi tingkat wilayah dijawalkan pada 19 April – 7 Mei 2024, secara daring. dan selanjutnya akan menuju tingkat nasional yang dijadwalkan pada Tanggal 25 – 1 Juni 2024 secara luring di Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

NUDC merupakan program tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi, kemampuan berbahasa inggris secara lisan, kemampuan berpikir kritis dan analitis, kemampuan menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, dan memperkuat karakter nahasiswa melalui pemahaman dan permasalahan nasional dan internasional serta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat. (Humas Unimed/ms)