Story dari KOTA BLITAR

Sekolah Menengah Pertama

Pelaksanaan P5 Tema Bhinneka Tunggal Ika

Hola SMEPA readers! Long time no see ya.. Mari memulai tahun 2023 ini dengan project baru, yaitu Pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kali ini, kegiatan P5 dilaksanakan dalam 3 pekan, di bulan Januari, Februari, dan Maret. Dimulai hari Selasa, 30 Januari 2023, siswa-siswa kelas 7 SMPN 4 Blitar mengikuti pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang ketiga. Tema P5 kali ini yaitu Bhinneka Tunggal Ika, dengan topik “Bersatu dalam Ragam Karya Nusantara”. Dengan tema ini diharapkan siswa-siswi mengenal berbagai budaya di Indonesia dan menghargai perbedaan. Project dimulai dengan pengundian daerah yang akan dikupas tuntas. Masing-masing kelas mendapatkan provinsi yang akan mereka bahas. Kelas 7A provinsi Bali, Kelas 7B provinsi Sumatera Selatan, Kelas 7C Jawa Timur, Kelas 7D Sulawesi Utara , Kelas 7E DI Yogyakarta, 7F DKI Jakarta, 7G Kalimantan Barat, 7H Nusa Tenggara Timur, dan 7I Irian Jaya. Selanjutnya, anak-anak berkelompok dan meresume keragaman provinsi dengan menuangkan hasil pekerjaannya di kertas manila secara berkelompok. Mereka membuat peta konsep keragaman khas daerah yang meliputi pakaian adat, makanan khas daerah, rumah adat, nyanyia dan tarian daerah, budaya serta bahasanya. Anak-anak juga menampilkan nyanyian dan tarian daerahnya di kelas secara berkelompok dan diakhiri dengan refleksi diri. Inilah serangkaian kegiatan P5 di […]

Sekolah Menengah Pertama

Kunjungan Smpn 4 Blitar Ke Peternakan Lebah Azka Trigona Untuk ...

Blitar,smpn4kotablitar.sch.id – SMPN 4 Blitar melakukan kunjungan studi ke Peternakan Lebah Azka Trigona di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar pada Rabu, 9 Juni 2021. Rombongan kunjungan terdiri atas Kepala SMPN 4 Blitar, Duta Adiwiyata SMPN 4 Blitar dari siswa, serta bapak-ibu Guru SMPN 4 Blitar. Kunjungan ini juga bermaksud untuk menciptakan kerjasama antara SMPN 4 Blitar dengan Peternakan Lebah Azka Trigona. Kerjasama berupa pendampingan dan pelatihan ternak Lebah Trigona (Klanceng) oleh Peternakan Lebah Azka Trigona kepada SMPN 4 Blitar. Dari kerjasama ini diharapkan SMPN 4 Blitar dapat mempunyai wadah baru untuk kegiatan pembelajaran dab pengembangan kemampuan siswanya. Selain itu juga diharap dengan adanya Peternakan Lebah Trigona ini akan memacu siswa, guru, serta warga SMPN 4 Blitar lainnya agar dapat membuat inovasi-inovasi pengambangan lingkungan yang kreatif dan inovatif. (alf)

Sekolah Menengah Pertama

Smpn 4 Blitar Menyerahkan Sampah Ke Bank Sampah

Blitar,smpn4kotablitar.sch.id – Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2021 lalu, SMPN 4 Blitar diwakili oleh Duta Adiwiyata dari siswa menyerahkan sampah ke Bank Sampah Segar milik warga Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Sampah yang s=diserahkan berupa kertas bekas, botol plastik, lampu bekas, dan minyak goreng bekas yang sudah tidak terpakai. Nantinya sampah tersebut akan dipilah dan yang bisa dimanfaatkan akan diolah oleh Bank Sampah Segar untuk di daur ulang menjadi berbagai macam produk yang bernilai ekonomis. Dari kegiatan ini diharapkan lebih banyak siswa yang peduli terhadap pengelolaan sampah di sekitar sekolah. Selain itu dengan kegiatan ini siswa diharapkan mampu menjadi lebih kreatif memanfaatkan sampah agar sampah tidak hanya berakhir di tempat sampah namun dapat menjadi barang yang bernilai ekonomis. (alf)

Sekolah Menengah Pertama

Siswa Smpn 4 Blitar Bersama Dlh Membuat Biopori Di Lingkungan ...

Blitar,smpn4kotablitar.sch.id – Siswa SMPN 4 Blitar melakukan gerakan membuat lubang biopori di lingkungan perumahan warga Kelurahan Tanggung, Kecapmatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar pada hari Minggu, 2 Mei 2021. Kegiatan ini digadang oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar dan melibatkan siswa SMP se-Kota Blitar untuk berpartisipasi dalam membuat lubang biopori. Selain siswa SMP se-Kota Blitar juga melibatkan warga lingkungan Kelurahan Tanggung Kota Blitar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar siswa dapat mengerti bagaimana cara membuat dan mengetahui manfatat lubang biopori, selain itu juga untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan bagi siswa dan warga sekitar.(alf)

Sekolah Menengah Pertama

Presentasi Mata Pelajaran Ipa Kelas 7 Tentang Jaring-jaring Makanan Oleh ...

Berikut merupakan karya siswa dari kelas 7A atas nama Callista Resti. Penguasaan materi dan gaya penyampaian yang bagus serta inovasi dalam IT sungguh membanggakan. Semoga menjadi generasi HEBAT SMPN 4 BLITAR.  Berikut video dari Ananda Callista Resti.