Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Pertanian UMSU Gelar 3rdICOSA

Pertanian UMSU Gelar 3rdICOSA

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggelar konferensi internasional pertanian berkelanjutan yang ketiga dengan menghadirkan narasumber dari Jepang, India dan Malaysia.

Konferensi yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dibuka Rektor diwakili Wakil Rektor I UMSU, Prof. Dr.Muhammad Arifin, SH. M Hum, Selasa (29/11). “Selamat atas terselenggaranya acara konferensi ke 3 internasional pertanian berkelanjutan yang diharapkan bisa memberikan wawasan dan solusi terkait pengembangan pertanian berkelanjutan,” katanya.

Menurut Prof. Arifin konferensi internasional ini penting sebagai wadah untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dari para narasumber. UMSU tentu sangat mendukung kegiatan internasional sebagai komitmen dalam peningkatan kualitas pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sebelumnya, Dekan F Pertanian, Dafni Mawar Tarigan, SP, MSI mengungkapkan, acara konferensi internasional peetanian berkelanjutan merupakan kegiatan tahunan. Melalui acara ini diharapkan lahir ide-ide dan gagasan yang bisa jadi solusi bagi pengembangan pertanian berkelanjutan untuk masa depan generasi selanjutnya.

Sementara, Ketua Panitia, Bunga Raya Ketaren, Sp, MSc mengungkapkan, acara ini menghadirkan narasumber yakni Dr Yukinobu Ishowa dari Jepang, Dr K. sivakumar dari India, Prof. Muhammad Basyuni S. Hut, M.Si dari Indonesia, dan Prof Madya Dr. Siti Sahara Sakimin dari Malaysia. Peserta konferensi berasal dari lima pulau besar di Indonesia : 9 universitas dari Sumatera, 6 dari Jawa, 1 Kalimantan,1 Sulawesi dan Indonesia Timur serta 10 dari BRIN. Untuk peserta internasional berasal dari Filipina serta Malaysia.