Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UMSU Serahkan 3 Miliar Insentif Publikasi Ilmiah

Rektor UMSU Serahkan 3 Miliar Insentif Publikasi Ilmiah

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Dr. Agussani, MAP menyerahkan insentif publikasi ilmiah senilai 3 Miliar pada batch 1 dan batch 2. Penyerahan secara simbolis oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri, No.3 Medan, Jum’at (10/3).

Berdasarkan penjelasan Rektor UMSU Prof. Agussani, penyerahan insentif publikasi di antaranya jurnal, prosiding, HKI, buku, jurnal dari skripsi/tesis/disertasi hingga keynote speaker. Terbagi menjadi dua yaitu Batch ke-1 senilai Rp. 1.149.894.800 (1,1 M) dan batch ke-2 Rp. 1.977.550.000 (1,9 Miliar) sehingga total menjadi 3 Miliar.

Penyerahan insentif ini telah menjadi komitmen dan budaya di UMSU dengan tujuan mendorong semangat dosen melakukan penelitian dan publikasi. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya posisi UMSU di Sinta, yakni di tahun 2023 di peringkat 37 meningkat daripada tahun 2022 yaitu di peringkat 47.

Prof. Agussani menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh dosen serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UMSU) atas kerja samanya. “Saya mengucapkan terima kasih tidak terhingga atas terlaksananya batch 1 dan 2 ini. Semua tidak terlepas dari kerja bersama,” ujar Prof. Agussani.

Sementara itu, Ketua LPPM UMSU Dr. Syaiful Amri, M.Sc mewakili para dosen mengucapkan terima kasih karena telah diapresiasi dan didukung. Dia juga memaparkan bahwa UMSU yang telah terakreditasi unggul memiliki tantangan ke depannya, yakni meningkatkan jumlah artikel scopus dan kolaborasi penelitian hingga pengabdian internasional setidaknya harus ada 60 penelitian.

“Target 3-5 tahun 1000 artikel scopus. Saat ini masih di level 274 artikel dan masih menerapkan 100 artikel pertahun,” ujar Syaiful.

Dia mengatakan sangat terbuka apabila ada saran dan masukan dari seluruh dosen UMSU terkati peningkatan penelitian, pengabdian dan publikasi. Insentif diserahkan secara simbolis kepada Dr. dr. Nurfadly, MKT, Atikah Rahmi, S.H., M.H, Dr. Lutfi Basit, S.Sos., M.I.Kom, Dr. Hasrudy Tanjung, SE, M.Si, Ahmad Marabdi Siregar, S.T.,M.T, Dr. Muhammad Fitra Zambak, ST., M.Sc.