Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Unimed Persiapkan Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Berbasis 4 Literasi

Unimed Persiapkan Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Berbasis 4 Literasi

Universitas Negeri Medan melaksanakan Penyusunan Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Berbasis 4 Literasi. Kegiatan ini didakan di Aula lt.IV Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan pada Kamis (03/08).

Kegiatan ini mengundang narasumber Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., dan kegiatan ini juga dibuka langsung Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes.dan dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ketua Lembaga, Ketua Jurusan, Ketua Prodi yang ada di lingkungan Unimed.

Rektor Prof. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes., menyampaikan pada pembukaan acara, “Seperti kita tahu bahwa dalam rangka menyiapkan mahasiswa, tentu untuk menghadapi perubahan sosial, budaya dan dunia kerja, kita dituntut untuk menyusun kurikulum. Oleh karena itu, kita merencanakan dan melaksanakan yaitu pembelajaran yang efektif agar lulusan kita dapat mencapai kompeten dalam segi pengetahuan dan keterampilan. Hari ini kita akan mengembangkan Kurikulum OBE yang berbasis 4 Literasi tentu menyusunan ini menjadi hal yang sangat penting agar lulusan kita sesuai dengan kehendak pengguna dan sesuai dengan perkembangan zaman serta pasar kerja. Manfaat dari OBE ini adalah agar kurikulum kita lebih terarah dan lulusan kita lebih relevan dengan pengguna dan dapat nanti meningkatkan kualitas secara berkelanjutan”.

Dalam paparannya Prof. Syawal Gultom, M.Pd., menyampaikan, “Tahapan Integrasi Literasi dalam Implementasi Kurikulum Berbasis OBE di Unimed yakni yang pertama menganalisis 4 literasi untuk menemukan indikator, konteks penerapan, dan strategi evaluasinya. Yang kedua, mengintegrasikan 4 literasi pada capaian pembelajaran lulusan. Yang ketiga, mengembangkan rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan 4 literasi. Yang keempat, mengembangkan RPS yang mengintegrasikan 4 literasi. Dan yang terakhir melaksanakan pembelajaran dan evaluasi yang otentik”.

“Adapun rumusan capaian pembeljaran lulusan yaitu yang pertama itu Kemampuan (Verbs), kemampuan yang dapat didemonstrasikan mahasiswa dinyatakan dalam bentuk kata kerja yang mendiskripsikan proses perolehan attitude, knowledge dan skill. Yang kedua, Materi Pembelajaran (Noun), materi pembelajaran yang berisi attitude, knowledge and skill yang mengintegrasikan literasi sehingga dapat didemonstrasikan mahasiswa dalam kehidupan. Dan yang ketiga Konteks (Adverb), konteks dan runag lingkup kemampuan yang dimiliki diterapkan dan didemonstrasikan oleh mahasiswa dalam kehidupan masa depan”. Lanjut Prof. Syawal.

Prof. Dr. Fajar Apollo Sinaga, S.Si., M.Si., Apt., sebagai ketua panitia kegiatan menyampaikan tujuan kegiatan, “Unimed telah menetapkan 4 literasi yang penting diintegrasikan pada kurikulum OBE Unimed yaitu Literasi Data, literasi Teknologi, Literasi Manusia dan Literasi Bahasa dan tim akademik unimed telah menysun dokumen kebijakan ke 4 literasi tersebut sehingga diharapkan lulusan Unimed nantinya memiliki kemampuan, keterampilan dan keahlian yang dapat diaplikasikan saat memasuki dunia kerja dan dapat bersaing menghadapi kemajuan teknologi di era Revolusi Industri 4.0.”. (Humas Unimed/bg).