Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Upacara Peringatan HUT ke-78 RI, Agus Diono Ajak Pelajar SMASA Tangkal Intoleransi

Upacara Peringatan HUT ke-78 RI, Agus Diono Ajak Pelajar SMASA Tangkal Intoleransi

Kamis (17/8), SMAN 1 Situbondo menggelar upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia. Agus Diyono, S.Pd selaku pembina upacara menyampaikan pentingnya pelajar SMASA menguatkan kebhinekaan.

“Tantangan pahlawan kita itu lebih mudah karena melawan penjajah, sementara tantangan kita lebih berat karena melawan bangsanya sendiri. Maka saya melihat hari ini tantangan kita dalam berbangsa dan bernegara adalah menjaga kerukunan antar sesama,”ungkapnya.

Pak Agus mengingatkan pelajar SMASA untuk tidak terlibat dalam tindakan intoleran seperti mengolok ritual keagamaan saudara yang berbeda agama, mengafirkan orang yang berbeda pandangan, dan menyesatkan saudara yang tidak seiman.

Menurut Pak Agus, pelajar SMASA harus terus bersandar pada prinsip bersatu dalam keberagaman.

“Founding Father kita sudah meletakkan dasar yang logis untuk kita berbangsa dan bernegara yaitu bhineka tunggal ika. Maka teruslah kita jaga semboyan itu dalam tindakan sehari-hari. Fokuskan diri kalian pada prestasi, saling menghormati, dan pembiasaan baik lainnya,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala SMASA Marta Mila Sughesti, S.Pd., S.S., M.Pd mengajak Keluarga Besar SMASA untuk tetap bergandengan tangan. Menurutnya peringatan HUT RI ini adalah momentum untuk merekatkan persatuan dan menghilangkan perselisihan.

“Kita akan terus berkomitmen menjaga kemerdekaan ini dengan hal-hal positif dan produktif. Kita dorong seluruh pelajar SMASA untuk terus berprestasi, berkelakuan baik, hingga sukses meraih prestasi yang dicita-citakan,” ungkapnya.

__
Penulis: Moh. Farhan, S.S. | Foto: Dimas Reza L, S.Pd.