Selasa, 07 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Gema Pemilu ‘Suarakan Hak Pilih, Wujudkan Pemimpin Berpotensi’

Rangkaian kegiatan Gema Pemilu 2023 yang bertajuk ‘Suarakan Hak Pilih, Wujudkan Pemimpin Berpotensi’ telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pandaan. Kegiatan ini menjadi bentuk demokrasi di lingkup sekolah yang mendukung tercapainya karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

Gema Pemilu dimulai pada hari Senin (30/10/23) dengan kegiatan Orasi seusai apel, kandidat calon ketua OSIS dan MPK menyampaikan visi dan misi beserta jargonnya masing-masing. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kampanye oleh tiap kandidat bersama tim suksesnya ke setiap kelas, juga kampanye terbuka di jam istirahat. Rangkaian kegiatan ditutup dengan pemungutan suara di hari Jum’at, ada pula pelaksanaan ‘Bincang Gagasan’ tepatnya di area taman tengah pada Rabu (8/11/23), kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pandangan calon ketua OSIS dalam masa jabatannya, sehingga warga SMANDA dapat memantapkan pilihan terhadap ketua OSIS untuk periode selanjutnya.

Kegiatan Gema Pemilu diakhiri dengan pemungutan suara yang berbasis e-voting melalui website yang telah dirancang sedemikian rupa oleh pengurus MPK selaku panitia Gema Pemilu. Pelaksanaan pemungutan suara dilakukan secara bergilir dari kelas 12, 11, dan 10 yang bertempat di area aula bawah SMANDA. Setelah melakukan pemungutan suara, para siswa-siswi dapat foto bersama sesuai kelasnya masing-masing di mini stage yang telah disediakan.

“Harapan saya, adanya kegiatan gema pemilu SMANDA kali ini dapat menumbuhkan jiwa-jiwa demokrasi dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Pandaan, juga memberikan pembelajaran nantinya kita sebagai calon pemilih. Tentunya kan sekarang tahun-tahun politik ya, jadinya percobaanlah gitu intinya. Nah, terus juga termasuk implementasi dari Profil Pelajar Pancasila juga, yakni suara demokrasi,” ujar Nazala Alyatuz Zahra selaku panitia penyelenggara kegiatan Gema Pemilu.

Reporter: Happy Kahyanaya Aida Shafie dan Nur Ibad Khasani