Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

6 Fasilitas UNNES yang Bikin Mahasiswa Betah Kuliah!

6 Fasilitas UNNES yang Bikin Mahasiswa Betah Kuliah!

Saat memilih kampus, fasilitas jadi salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan. Jika mencari yang fasilitasnya lengkap, maka Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah pilihan yang tepat. Tak hanya beragam, tapi fasilitas UNNES juga kekinian, serta dapat menunjang kebutuhan belajar para mahasiswa.

UNNES sendiri jadi salah satu perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya berlokasi di Gunungpati, Semarang. Ada juga kampus lain yang berada di Tegal, Ngaliyan Semarang, Kelud Semarang, dan Bendan Ngisor Semarang. Kampus ini menyediakan program studi mulai dari Diploma 3 hingga Doktor (S3).

Daftar Fasilitas UNNES 

Setidaknya ada enam fasilitas yang dirancang untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan memberikan kenyamanan bagi para mahasiswanya. Penasaran? Inilah info lengkapnya!

1. Asrama

Ingin lebih hemat pengeluaran? Maka tidak perlu mencari kos-kosan, cukup tinggal di asrama UNNES yang menyediakan 2 tipe kamar, yaitu single dan double room

Bukan sekedar ruang kosong, tapi asrama ini sudah diisi dengan meja belajar, tempat tidur, dan lemari pakaian. Ada juga fasilitas kamar mandi di masing-masing lantai, dapur bersama, lounge, dan area cuci/binatu.

2. Smart Classroom

Smart Classroom di UNNES sudah mendukung pembelajaran hybrid dengan fasilitas modern seperti papan tulis interaktif, proyektor, WIFi, dan mendukung pembelajaran offline serta online.

3. Perpustakaan

Perpus UNNES dibuka 24 jam untuk para mahasiswa dengan layanan self return. Ada banyak buku terbaru dan komprehensif yang bisa dijadikan sumber pembelajaran atau sebagai referensi dalam mengerjakan tugas. Ruang perpusnya sendiri nyaman dengan fasilitas memadai di bagian dalam.

4. Puslakes 

Puslakes adalah sebutan untuk ruang kesehatan di UNNES yang sudah ada sejak 5 Juni 2012. Fasilitas UNNES satu ini didukung dengan SDM berpengalaman serta layanan kesehatan beragam termasuk perawatan gigi. 

Bukan hanya seluruh civitas akademika UNNES, namun masyarakat di sekitar juga bisa memeriksakan kesehatan di Puslakes. Ini merupakan salah satu fasilitas UNNES yang mendapat banyak pujian atas manfaat yang diberikan.

5. Pusat Bahasa dan Budaya

Fasilitas ini didedikasikan untuk mempelajari bahasa dan budaya untuk para mahasiswa dan staf UNNES. Tersedia kursus bahasa lokal untuk mahasiswa internasional dan kursus bahasa asing untuk mahasiswa dalam negeri. Ada juga program dan kegiatan budaya seperti music and traditional dance show.

6. Sport Center

Sport Center alias fasilitas olahraga di Universitas Negeri Semarang tersedia untuk mahasiswa dan dan masyarakat umum. Ada jogging track, lapangan basket, lapangan sepak bola, pusat kebugaran, kolam renang, hingga lapangan tenis. Lengkap sekali bukan?

Beragam fasilitas UNNES di atas merupakan salah satu bukti nyata bahwa kampus ini tidak hanya berfokus pada bidang pendidikan namun juga memperhatikan kenyamanan para mahasiswa.