Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Inilah Jalur Seleksi dan Jadwalnya!

Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Inilah Jalur Seleksi dan Jadwalnya!

Pendidikan tinggi di Indonesia menawarkan berbagai jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru. Setiap jalur penerimaan mahasiswa baru memiliki jadwalnya masing-masing, terutama jika ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Kalau kalian ingin sekali berkuliah di PTN, pastikan untuk mengetahui apa saja jalur seleksi yang dibuka. Berikut adalah beberapa jalur seleksi mahasiswa baru untuk yang ingin berkuliah di kampus negeri terbaik!

Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Meski di setiap perguruan tinggi memiliki istilah dan jalur seleksi yang beragam, namun kali ini kami akan memberikan gambaran umumnya secara singkat. Simak hingga akhir yuk!

1. SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau biasa disebut SNBP adalah jalur pertama yang bisa kamu coba. SNBP ini awalnya punya nama SNMPTN.

Meski diubah namanya, namun SNBP ini punya skema yang sama dengan SNMPTN yakni jalur seleksi berdasarkan prestasi yang dilakukan secara nasional untuk masuk ke PTN,

Siswa diundang untuk mendaftar berdasarkan prestasi akademis di tingkat SMA. Seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor, prestasi akademis, dan beberapa tes tertentu.

SNBP menitikberatkan pada prestasi akademis selama masa sekolah. Calon mahasiswa dipilih oleh PTN berdasarkan hasil seleksi. Adapun untuk jadwal SNBP 2024 sendiri dimulai tanggal 14 – 28 Februari 2024.

2. SNBT

Jika SNBP berdasarkan prestasi, maka SNBT ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru berbasis ujian tertulis. SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Jalur ini juga menuju PTN, tetapi seleksi dilakukan dengan tes tertulis nasional.

Calon mahasiswa dapat memilih beberapa program studi yang diinginkan dan hasil ujian menjadi faktor penentu utama apakah diterima atau tidak pada kampus tujuan. Adapun untuk jadwal SNBT 2024 sendiri akan dibuka pada tanggal 21 Maret hingga 5 April 2024.

3. Jalur Mandiri

Jalur penerimaan mahasiswa yang terakhir adalah ujian mandiri. Beberapa PTN menyelenggarakan jalur ini sebagai bagian dari seleksi mandiri.

Baca juga: UNNES Buka 7 Jalur Mandiri? Penjelasan Lengkapnya Hanya Disini!

Calon mahasiswa mengikuti ujian tertulis yang disusun oleh masing-masing PTN. Biasanya, jalur mandiri dibuka seleksinya paling akhir setelah SNBP dan SNBT. Adapun untuk jadwalnya sendiri tergantung pada kebijakan masing-masing kampus.

Setiap jalur seleksi mahasiswa baru memiliki jadwalnya masing-masing. Namun, jika kalian ingin sekali masuk PTN terbaik di Semarang, yakni UNNES, maka bisa catat jadwal ujian mandirinya di bulan Mei 2024 mendatang.Informasi terkait dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru UNNES bisa kalian akses di sini. Pantau secara terkini agar tidak ketinggalan informasi berharga!