Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Jurusan Arsitektur VS Teknik Sipil, Bagus yang Mana?

Jurusan Arsitektur VS Teknik Sipil, Bagus yang Mana?

Ketika memilih jurusan kuliah, kamu pasti akan dibuat bingung dalam menentukan pilihan. Pasalnya, banyak program studi yang menjanjikan misalnya saja jurusan Arsitektur dan Teknik Sipil.

Jika kamu tertarik dalam dunia konstruksi dan desain bangunan, tentu saja kedua program ini menjadi pilihan terbaik untuk dicoba. Namun, di antara keduanya, mana yang sebaiknya dipilih? Mari kita bandingkan lewat artikel di bawah ini!

Jurusan Arsitektur VS Teknik Sipil, Bagus Mana?

Meski sama-sama menekuni ilmu di industri pembangunan infrastruktur, tapi kedua prodi favorit ini memiliki perbedaan yang signifikan lho! Jadi, simak penjelasan berikut ini hingga agar tak salah pilih!

1. Fokus Utama

Mari mulai membandingkan keduanya dari fokus utama. Jurusan Arsitektur fokus menekankan pada aspek artistik dan desain. Sebagai mahasiswa, Anda akan belajar merancang bangunan dengan mempertimbangkan estetika, keberlanjutan dan fungsionalitas.

Arsitek bertanggung jawab untuk menciptakan visualisasi ide melalui gambar, model, dan presentasi sehingga berfokus pada penciptaan ruang yang indah dan inovatif.

Sementara Teknik Sipil lebih berfokus pada aspek teknis konstruksi. Mahasiswa akan mempelajari terkait dengan perencanaan infrastruktur. Fokus jurusan ini lebih menekankan pada manajemen proyek dan ketahanan material.

2. Peluang Karir

Dalam hal peluang karir, prodi Arsitektur bisa bekerja sendiri atau di bawah perusahaan dengan merancang dan mengawasi proyek konstruksi. Bisa juga bekerja sama dengan klien untuk menciptakan desain yang memenuhi kebutuhan estetika dan fungsional.

Baca juga: Prodi Teknik Sipil, Favoritnya Para Calon Insinyur Masa Depan

Sementara peluang karir jurusan Teknik Sipil adalah bisa menjadi seorang manajer proyek infrastruktur. Lulusan jurusan ini bisa bekerja pada proyek-proyek pembangunan mulai dari mengelola, mengawasi hingga memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

3. Keterampilan yang Diperlukan

Perbandingan selanjutnya adalah skill yang dibutuhkan. Untuk keterampilan jurusan Arsitektur yang dibutuhkan adalah mampu menciptakan desain unik dan inovatif, mengkomunikasikan ide melalui gambar dan model dan teamwork.

Sementara jurusan Teknik Sipil harus memiliki keterampilan teknis seperti paham mendalam tentang konstruksi dan teknologi, punya keahlian dalam mengelola sumber daya dan manajemen waktu serta masih banyak lagi.

4. Gaji

Nah, untuk soal gaji yang akan didapatkan, lulusan Arsitek biasanya mendapatkan gaji yang bervariasi tergantung pada reputasi, proyek, dan pengalaman. Berbeda dengan lulusan Teknik Sipil yang  gajinya cenderung stabil dan dapat meningkat seiring pengalaman.

Memilih antara prodi Arsitektur dan Teknik Sipil sebenarnya tergantung pada minat dan tujuan karier Anda. Nah, kalau Anda merasa tertarik sekali mengambil kedua prodi ini, kuliah saja di UNNES! Anda akan belajar banyak hal terkait ilmu arsitektur dan konstruksi serta diampu oleh tenaga pendidik berpengalaman. Segera daftar dan ambil jurusan Arsitektur hanya di UNNES!